Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia Wanita Sukses

Kakak Adik Cantik Merintis Bisnis Wedding yang Sukses


Xiaoxiao dan Xiaofen, Kakak Adik Cantik Ini Merintis BIsnis Wedding Dari Passion Mereka.

Sibuk menekuni pekerjaan masing-masing sering menjadi salah satu alasan keakraban antar saudara memudar. Tapi hal ini tidak berlaku bagi kedua saudari Xiaoxiao dan Xiaofen. Sang kakak, Xiaoxiao, menekuni bidang desain dekorasi dan make up, sedangkan sang adik, Xiaofen menekuni fashion desain. Berakar pada kecintaan di dunia seni, saudari beda 2 tahun ini, tumbuh menjadi dua ekor angsa menawan dan siap mengepakkan sayapnya ke dunia internasional. Menggabungkan kedua karakter, kedua kemampuan dan kedua bakat menjadi satu bisnis, inilah X Signature.

 

Apa itu X Signature?

X signature adalah dua orang desainer kakak beradik yang bergerak di bidang fashion, makeup dan decoration party. Mulai dari evening gown, make up pertunangan, party planner sampai wedding details.

 

Kenapa memilih menjalankan bisnis bersama-sama?

Memiliki bisnis bersama adalah impian kami dari kecil. Hobi kami di bidang seni dan dulu waktu masih belajar piano ingin memiliki sekolah piano. Ternyata semua banting setir ke dunia desain, Xiaoxiao ke graphic designer dan Xiaofen ke fashion designer. Setelah lulus, ujung-ujungnya bisa kembali lagi jadi satu dan membentuk X Signature. Xiaoxiao mengurus pestanya, dan Xiaofen mengurus pakaiannya.

xiaoxiao

Bagaimana awal X Signature berdiri?

Resmi berdiri pada 3 Desember 2012, tepat pada ulang tahun Xiaofen. Kami mengadakan pameran tunggal pertama sekaligus perkenalan brand ke masyarakat Surabaya. Ada fashion show dan pameran dekorasi selama satu hari di salah satu mall terbesar di Surabaya. Setelah itu, kami fokus di Instagram dengan akun @xsignature untuk desain baju dan @xsignature_decoration untuk dekorasi pesta. Kami juga baru saja meluncurkan website kami, xsignature.co.

 

Apa saja yang ditawarkan X Signature dan apa saja cerita dibaliknya sampai Anda memutuskan untuk menekuni bidang tersebut?

Xiaofen sebagai fashion desainer merancang gaun yang sering dipakai untuk pesta pra-wedding, pertunangan hingga high end ready to wear untuk cocktail party maupun formal hang out. Sedangkan party designer berawal dari kesukaan Xiaoxiao akan scrapbook dan berkembang ke arah packaging. Karena tertarik mendesain pesta seperti di luar negeri, Xiaoxiao mulai membuat bridal shower, baby shower, meskipun orang Surabaya saat itu masih awam. Kemudian Xiaoxiao fokus ke make up dan sempat meninggalkan pekerjaan dekor. Tapi karena dukungan teman-teman, membuat Xiaoxiao kembali menekuni dunia dekorasi.

 

Apa yang membuat X signature unik dan beda dengan yang lain?

Semua desainer pasti punya ciri khas sendiri-sendiri, tapi style desain pakaian Xiaofen dan style dekorasi maupun make up Xiaoxiao berbeda dengan style orang lain. Tidak semua orang punya style yang sama seperti kami. Orang yang sudah mengenalkaryakami, pasti bisa membedakan ini desainnya X Signature atau bukan.Kalau style dekorasi, yang membedakan adalah kedetailan. Karena berbasic graphic desgner, pekerjaan Xiaoxiao sangat detail. Keindahan karya Xiaoxiao dapat dinikmati semua tamu undangan dari segala sisi. Kebanyakan party planner mungkin satu sisinya bagus, tapi sisi baliknya kurang. X Signature mengutamakan kualitas, agar semua terlihat sempurna.

 

Apa menginpirasi X Signature untuk berkarya?

Inspirasi datang dari mana dan kapan aja. Bahkan tengah malam waktu hendak beristirahat dan mendapat ide, kami akan bangun dan mendesain sampai subuh. Kalau tidak begitu, besok paginya pasti lupa. Desainer memang kehidupannya terbalik. Lalu tokoh yang paling mengispirasi adalah Mama. Mama adalah wanita kuat. Tanpa beliau yang mengarahkan, tidak mungkin X Signature ada.

 

Apa makna dibalik nama dan simbol X Signature?

X dari X-signature diambil dari inisial nama kami, Xiaoxiao dan Xiaofeng. Sedangkan signature adalah representasi produk kami yang paling mencerminkan kami. Sedangkan logonya terdiri dari 2 angsa yang satu lebih besar dan satu kecil, melambangkan kakak beradik yang menjadi satu.

 

X Signature telah berdiri hampir dua tahun, apa kesulitan paling berat selama ini?

Pertama kali merintis, Kami harus beradaptasi. Dulu tinggal di luar negeri, Kami beradaptasi dengan selera orang luar. Sekarang di Surabaya, Kami harus beradaptasi lagi dengan selera orang sini. Terutama kalau bidang fashion desain, pelanggan Surabaya menyukai cinderella gown yang penuh bling-bling agar berkesan mewah. Sedangkan dalam pemikiran kami, kesan mewah bisa datang dari mana saja, mulai dari potongan dan desain. Bagaimana membuat costumer senang dengan karya kita dan kita juga bisa mendapatkan hati dia, adalah tantangan tersendiri. Sedangkan untuk party planner dan wedding details, kesulitan pertama adalah menemukan klien yang sesuai target market Kami.

 

Apa kelas pasar yang diburu X Signature dan berapa kisaran harganya?

Kami memilih kalangan mengah keatas karena untuk custom gown, dimulai dari harga 5 juta keatas. Desain dan bahan Kamiimpor dari luar negeri yang berkualitas bagus. Untuk party designer, dimulai dari 100.000 per orang dan dari 2 juta untuk paket wedding details. Yang terutama adalah bagaimana pelanggan senang, itu adalah kepuasan tersendiri bagi desainer.

 

Pernah menangani pelanggan yang kurang menyenangkan?

Cukup sering. Itu adalah tantangan. Contohnya seperti pelanggan yang meminta dekorasi maksimal dengan budget minimal. Sebagai desainer, Kami hanya bisa menawarkan jasa Kami dengan harga yang sesuai.Sayang kebanyakan calon pelanggan masih belum bisa mengerti ini. Pelanggan juga ada yang membandingkan harga Kami dengan harga desainer lain, padahal setiap desainer memiliki budget dan hasil yang berbeda beda. Sedangkan untuk fashion desain, pernah ada yang sudah pesan, deal, dan sudah jadi, lalu orang yang bersangkutan menghilang. Biasanya karena kita kenal, maka kita percaya, tapi nyatanya dunia bisnis berbeda dengan dunia pertemanan. Yah, itu pembelajaran karena belajar itu mahal. Tapi kalau kita tidak belajar, kita tidak akan pintar.

 

Apa tips ala X Signature untuk menghadapi pelanggan yang merepotkan?

Kami memakai sistem uang muka lima puluh persen ke semua costumer. Meskipun itu teman bahkan keluarga. Profesionalitas itu penting.

 

Berapa modal yang dibutuhkan X Signature saat memulai bisnisnya?

Xiaoxiao memulai party planner dan wedding details dengan modal nol. Untuk make up hanya sebatas alat-alat make up saja. Sedangkan untuk fashion designer memang menuntut Xiaofen mengeluarkan biaya besar. Tak hanya biaya pendidikan di Shangai, tapi juga mesin jahit, fashion show, dan karyawan yang bisa mencapai puluhan juta.

 

Berapa omzet X Signature kini?

Sudah menyentuh puluhan juta per bulannya. Modal yang keluar sudah kembali dalam enam atau delapan bulan awal.

 

Apa hal terutama dan terpenting bagi X Signature?

Kepuasan costumer itu nomor satu. Kami benar-benar suka desain, ini passion Kami. Mama dan Papa mendukung karena kalau hobi dan passion, maka melakukan apa saja demi itu tidak akan lelah. Pertama kali saya kerja, saking senangnya sama desain, Kami tahu Kami sudah kerja, tapi ada kalanya setelah membuka harga sekian dengan habis bahan sekian, begitu melihat kain lain yang lebih bagus dan mahal, Kami langsung pakai demi desain maksimal meskipun resiko over budget dan rugi. Tapi ini adalah bentuk kecintaan Kami terhadap desain. Saat mengurus party planner dan make up juga sama. Semua ada budget sendiri, seperti make up untuk party biasa, make up untuk enggagement, dan lain-lain. Semuanya berbeda tipe, harga dan kualitas. Tapi kalau kadang masih tidak puas, ya akhirnya ditambah-tambahin. Yang terpenting bagaimana pelanggan dan Kami sendiri puas dengan karya Kami.

 

Prinsip bisnis apa saja yang paling penting untuk dijaga oleh X Signature?

Ketepatan waktu dan kualitas. Pekerjaan Kami berpacu dengan waktu. Seperti pesta pernikahan atau pertunangan, kalau tidak tepat waktu, tidak hanya acaranya bisa batal tapi pelanggan tidak akan mempercayai jasa Kami lagi. Tidak hanya waktu, tapi juga kualitas barang yang sempurna sebelum hari H.

 

Apa bayangan X Signature lima tahun kedepan?

Dari dulu Kami ingin memiliki satu gedung one stop wedding and party solution. Kami memang tidak menyediakan gaun pernikahannya, tapi kami ingin mendalami dunia desain dengan memiliki jenis desain berbeda tiap lantainya. Seperti lantai satu untuk fashion desain dan evening gown, lantai dua untuk desain ready to wear, lantai ketiga untuk party decoration, lantai lima untuk make up floor dan sebagainya.

 

Apa impian terbesar X Signature?

Go international. Memang sekarang sudah ada beberapa pelanggan dari luar negeri, seperti dari Paris. Tapi Kami ingin seluruh dunia mengenal rancangan dan desain Kami.

 

Apa pesan bagi anak muda yang ingin mulai berbisnis?

Jangan mau mudah menyerah.Awal-awal merintis pasti kelihatannya tidak ada costumer, tapi semuanya tidak boleh putus asa. Kalau Kamu suka melakukan apapun dan Kamu tekuni, semuanya pasti jadi nyata. Don’t cry because it’s over, smile because it happened.
Silakan tulis komentar Anda melalui kolom dibawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Tonton Videonya disini:

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Pria Ini Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Makanan Halalnya

Ibu Rumah Tangga Jadi Jutawan Berkat Sambal Racikannya

Synthia Santoso

Synthia Santoso adalah Creative Mistress di Studentpreneur. Pemenang lomba menulis level nasional dan pecinta produk-produk kreatif.

Facebook Twitter 

Summary
Article Name
Kakak Adik Cantik Merintis Bisnis Wedding yang Sukses
Author
Description
Xiaoxiao dan Xiaofen, Kakak Adik Cantik Ini Merintis BIsnis Wedding Dari Passion Mereka.