Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah Tips Bagi Anda yang Ingin Segera Menjadi Miliarder


Semua orang tentu ingin menjadi seorang miliarder, simak tipsnya berikut ini.

Setiap pebisnis tentunya sangat menginginkan usaha yang dijalankannya mencapai omzet miliaran rupiah. Bahkan, hal tersebut ditargetkan dapat tercapai pada lima tahun pertama menjalankan bisnis. Hanya saja, keinginan para pebisnis untuk bisa mendapat omzet miliaran rupiah memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seorang pebisnis untuk bisa mencapai omzet miliaran rupiah. Bukan hanya terkait kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen saja tetapi bisa juga karena strategi promosi yang tepat ataupun proses kerja sama dengan para investor.

 

Tentukan kualitas produk yang maksimal

Siapapun yang terjun di dunia bisnis tentunya akan sangat bersemangat sekali diawal-awal menjalankannya. Terlebih, saat bisnis yang dijalankannya sudah mulai menunjukkan adanya peningkatan. Produk yang ditawarkan terntara mendapat respon yang sangat baik hingga laku keras di pasaran. Nah, pada saat berada di situasi seperti ini, biasanya banyak sekali pebisnis yang mulai tergoda untuk melakukan hal-hal yang tak semestinya dilakukan. Sifat tamak mulai mengendalikan pikiran pebisnis untuk bisa meraup keuntungan yang sebesar-besarnya dengan modal yang dikeluarkan sekecil-kecilnya. Akhirnya, para pebisnis pun mencoba untuk sedikit mengurangi bahan baku produk yang berakibat menurunnya kualitas produk yang dijual. Padahal, kualitas produklah yang paling diingat oleh konsumen saat membeli suatu barang. Konsumen tak akan ragu untuk kembali membeli produk Anda jika memang kualitasnya selalu terjaga setiap saat. Jadi, jangan pernah sekalipun Anda mencoba untuk mengurangi kualitas produk jika ingin segera menjadi seorang miliarder.

 

Membuat perencanaan bisnis yang fleksibel

Saat Anda melangkahkan kaki di dunia bisnis maka Anda pun sebaiknya bersiap untuk menerima segala perubahan yang terjadi. Tak ada satupun pebisnis yang mampu memprediksi apa yang akan terjadi dikemudian hari. Apa yang sudah dilakukan pada hari ini pun tentu tidak akan terjadi hal yang serupa pada esok harinya. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis Anda harus siap untuk mengubah setiap rencana bisnis yang sudah ditetapkan demi menyesuaikan situasi yang sedang dihadapi. Terlebih, jika Anda memiliki rencana jangka panjang dan kenyataannya ada banyak hal yang terjadi diluar dugaan. Situasi seperti ini tentunya harus bisa dipahami dan segeralah untuk mengambil tindakan walaupun tidak sesuai dengan rencana bisnis yang ditetapkan saat sebelum mulai menjalankan bisnis.

 

Selalu fokus dengan apa yang dikerjakan

Untuk bisa menjadi pebisnis yang memiliki omzet miliaran rupiah, Anda harus selalu fokus dengan apa yang akan dikerjakan. Kerjakanlah satu hal yang memang itu menjadi keahlian Anda. Dengan begitu Anda pun akan semakin mudah mencapai setiap target yang telah ditentukan. Jika memang Anda memiliki keahlian dalam bidang pemasaran, maka lakukanlah dengan baik. Sedangkan keahlian lain yang tidak begitu dikuasai sebaiknya didelegasikan pada orang lain. Saat Anda tak mampu mengerjakannya sendiri maka Anda bisa menyewa jasa seorang profesional atau meng-hire karyawan yang ahli dalam bidang tersebut. Hal itu dilakukan agar Anda tetap dapat fokus dan mencurahkan segala waktu, tenaga dan pikiran yang menjadi kekuatan Anda untuk menjalankan pekerjaan yang seharusnya dilakukan sehingga bisnis dapat berjalan dengan lancar. Jika hal tersebut dapat dilakukan secara kontinyu maka bukan tidak mungkin Anda akan segera menjadi seorang miliarder.

 

Refleksikan apa yang sudah Anda berpikir

Sudah menjadi kewajiban bagi Anda sebagai seorang pebisnis untuk selalu bekerja keras dalam mencapai kesuksesan. Tapi, sebaiknya Anda juga meluangkan waktu sejenak untuk berpikir dan merefleksikan apa yang sudah dicapai oleh perusahaan selama ini. Walaupun terdengar sederhana namun tidak banyak pebisnis yang mampu melakukannya. Kebanyakan dari pebisnis yang hanya menjalankan rutinitas pekerjaannya setiap minggu tanpa mengevaluasi apa yang saja yang sudah dicapainya. Padahal, dengan merefleksikan apa yang sudah dikerjakan dalam satu hari, satu minggu ataupun satu bulan maka Anda akan mengetahui hal-hal baik dan buruk yang sudah dikerjakan. Dengan begitu, Anda pun akan bisa menentukan strategi yang terbaik kedepan nanti untuk bisa mencapai target menjadi seorang miliarder.

 

Selalu menjadi yang terdepan

Dalam menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari, sebaiknya sempatkanlah untuk memantau perkembangan perusahaan kompetitor Anda. Carilah informasi dan data terbaru yang menyajikan perkembangan perusahaan kompetitor. Setelah Anda mengetahui segala kelebihan dan kelemahan kompetitor maka segeralah untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan Anda. Melalui data dan informasi yang diperoleh, jadikanlah perusahaan Anda untuk selalu menjadi yang terdepan dalam segala hal. Dengan begitu maka perusahaan Anda akan selalu menjadi pilihan utama konsumen dan segera mewujudkan mimpi Anda menjadi seorang miliarder.

 

Pastikan bahwa Anda bisa mengerjakannya dengan baik

Saat Anda sudah berada pada level yang terbaik maka banyak sekali konsumen yang mulai mencari Anda. Pada saat Anda mencapai titik ini, maka Anda akan menerima banyak sekali order baik dalam skala kecil maupun besar. Bagi seorang pebisnis sejati, hal yang terpenting adalah bukan menerima banyak order sehingga menghasilkan omzet yang besar saja. Tetapi, pastikan bahwa Anda juga bisa mengerjakan semua order yang diterima dengan baik tanpa ada kesalahan sekecil apapun. Jangan hanya bisa menerima order tetapi tidak mengerjakannya sesuai dengan standar kualitas suatu produk yang telah ditetapkan. Pasalnya, jika Anda mengecewakan konsumen maka mereka bisa tak membeli produk Anda lagi. Jadi, Anda jangan hanya tergoda menerima tawaran untuk mengerjakan order dalam jumlah besar tapi justru bisa menurunkan kualitas produk milik Anda. Jika hal tersebut sampai terjadi maka konsumen pun bisa dipastikan akan meninggalkan Anda. Hal tersebut akan menyebabkan Anda semakin menjauh untuk bisa menjadi seorang miliarder dalam lima tahun pertama menjalankan bisnis.

 

Membangun jaringan seluas-luasnya

Saat Anda sudah memiliki bisnis yang sangat besar dan sangat dominan pada suatu wilayah tertentu maka sudah saatnya bagi Anda untuk melakukan ekspansi. Oleh karena itu, seorang pebisnis diharapkan mampu membina suatu hubungan yang baik diantara para pebisnis lainnya. Paling tidak, jika Anda ingin melakukan ekspansi ke suatu wilayah maka tidak akan membutuhkan modal yang besar karena bisa menggunakan sumber daya yang dimiliki oleh mitra Anda. Selain itu, mitra atau partner Anda dalam berbisnis merupakan hal yang kritis dalam menjalankan suatu bisnis karena bisa mempengaruhi setiap perkembangan bisnis yang dijalankan. Jika Anda mampu membangun sebuah hubungan yang baik maka bisa dipastikan bisnis Anda akan berjalan dan berkembang dengan baik sehingga bisa mencapai miliarder sesuai yang ditargetkan.

 

Selalu percaya diri

Persaingan dalam dunia bisnis memang sangat ketat. Bukan hanya para kompetitor saja yang ingin menjadi lebih baik dari Anda, tetapi tidak sedikit mitra bisnis pun juga ingin menyaingi Anda. Percayalah bahwa banyak sekali orang-orang disekitar Anda yang berusaha untuk menjatuhkan kepercayaan diri Anda sehingga membuat Anda ragu untuk melangkah lebih jauh. Oleh karena itu, saat memulai bisnis, maka tanamkan dalam benak Anda untuk tidak ragu menjalankan dan mengarahkan bisnis Anda kepada hal-hal yang baru. Jika Anda percaya bahwa yang dilakukan atau perubahan yang dilakukan memang untuk membawa suatu hal yang lebih baik maka jangan ragu untuk melakukannya. Semakin Anda percaya diri maka pesaing Anda pun akan merasa bahwa langkah Anda memang benar dan patut untuk ditiru. Artinya, hal itu menunjukkan bahwa Anda memang menjadi yang terdepan diantara mereka.

 

Mempertahankan prinsip bisnis

Banyak sekali pebisnis yang hanya mampu bertahan dalam hitungan waktu tak sampai lima atau sepuluh tahun. Hal itu dikarenakan para pebisnis tersebut selalu tergoda dengan segala perubahan yang ada sehingga melupakan prinsip ataupun visi dan misi yang diusung oleh perusahaan selama ini. Oleh karena itu, jika Anda memang ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses dengan omzet miliaran rupiah maka boleh saja Anda mengikuti perubahan tetapi tetap memegang teguh prinsip perusahaan. Jangan sampai hanya karena menuruti segala perubahan yang ada sehingga membuat Anda hanya sekedar menjalankan bisnis tanpa tahu apa yang harus dicapai. Jika Anda mampu memegang teguh prinsip bisnis yang sudah ditetapkan maka perusahaan Anda akan bertahan dalam waktu yang cukup lama dan menjadikan Anda seorang miliarder.

resiko

Hindari segala hal yang sangat beresiko

Ada yang mengatakan bahwa menjadi seorang pebisnis tak ubahnya menjadi seorang penjudi. Banyak hal yang harus dipertaruhkan tanpa tahu bahwa resiko besar sedang menghadang dihadapannya. Oleh karena itu, menjadi seorang pebisnis pun tetap harus memegang kaidah-kaidah atau prinsip kebenaran. Artinya, dalam setiap langkah bisnis sebaiknya dilakukan sebuah riset terlebih dahulu dengan dana kecil yang tidak banyak mengurangi anggaran keuangan. Jika memang riset tersebut berhasil maka sudah saatnya bagi Anda untuk melakukan investasi dalam jumlah besar. Kenyataannya, banyak sekali wiraswastawan yang membuat kesalahan dengan melakukan investasi dalam jumlah besar dimana mereka sendiri tahu bahwa hal tersebut tidak akan berhasil. Sebaiknya Anda bisa membuktikan bahwa usaha Anda memang bisa menghasilkan satu juta rupiah sebelum melangkah lebih jauh untuk bisa menghasilkan satu miliar rupiah.

 

Menjadi seorang miliarder memang butuh kerja keras. Pasalnya, tidak semua pebisnis mampu mencapainya dalam waktu yang cukup singkat. Nah Sobat Studentpreneur, apakah ada diantara kalian yang sudah mencapai omzet satu miliar? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jake]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Inilah Tips Bagi Anda yang Ingin Segera Menjadi Miliarder
Author
Description
Semua orang tentu ingin menjadi seorang miliarder, simak tipsnya berikut ini.