Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ini Adalah Kesulitan yang Akan Anda Temui dalam Memulai Bisnis


Banyak orang yang menganggap bahwa langkah pertama terasa sulit memang ada benarnya, berikut tantangan yang harus dihadapi saat memulai bisnis.

Untuk membuat suatu bisnis, hal yang paling ditakuti adalah tahun-tahun pertama Anda. Kenapa? Karena tahun awal dalam berbisnis adalah tahun krusial, apakah bisnis Anda dapat bertahan atau tidak. Bahkan menurut survey, hanya 20% startup atau bisnis yang bertahan dalam tahun pertama, lalu berturut-turut akan rontok pada tahun kedua dan tahun ketiga. Nah, sekarang akan kami berikan hal-hal yang paling sulit pada saat memulai bisnis.

 

Mencari partner adalah hal yang sulit

Mencari partner adalah hal yang utama dan hal yang sulit. Partner sangat dibutuhkan karena Anda tidak mungkin bekerja sendiri dalam menjalankan bisnis. Lalu dalam mencari partner adalah pekerjaan yang tidak mudah. Anda harus mencari pasangan yang sesuai, entah itu dalam bisnis ataupun investor. Walaupun partner Anda adalah sahabat atau teman baik, bukan berarti mereka akan langsung klik dengan kita.

 

Anda akan merasa miskin

Pertama kali dalam membuat bisnis, yang pertama Anda rasakan adalah Anda akan merasa miskin. Walaupun Anda mungkin mendapatkan dana bantuan, tetapi ketika masa-masa pertama kali Anda berbinis, tidak sedikit Anda akan mengambil dana pribadi. Hampir setiap hari akan ada dana pengeluaran yang tak terduga. Dengan begitu, Anda akan mengurangi pergi bersama teman, pacar atau bahkan waktu bersama keluarga.

 

Anda akan merasa tidak mampu

Dalam berbisnis, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang terduga. Pertama Anda akan kesulitan menemukan partner dalam berbisnis. Lalu Anda akan kesulitan dalam menemukan pegawai yang tepat. Atau bahkan bisnis Anda akan surut. Disini mental dan skill Anda akan diuji, Anda akan merasa tidak mampu melaksanakan atau melanjutkan bisnis. Disini peran keluarga dan teman dekat akan sangat berpengaruh.

ketakutan

Jangan takut

Anda akan merasa takut dalam mengambil keputusan atau bertindak. Ini akan menjadi kelamahan Anda jika Anda terus berlarut dalam mengambil keputusan. Anda harus benar-benar berani mengambil tindakan atau mengambil resiko jika memang untuk kemajuan bisnis Anda. Untuk mengambil keputusan, Anda dapat meminta saran partner atau orang yang lebih berpengalaman.

 

Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain

Membandingkan diri Anda sendiri atau membandingkan bisnis Anda dengan orang lain akan membuang-buang energi. Belum tentu juga, mereka lebih baik daripada Anda. Oleh karena itu, yang terpenting adalah bagaimana Anda tetap harus fokus pada diri sendiri dan bisnis yang sedang dijalankan.

 

Keluarga dan Teman akan meragukan

Sudah umum jika keluarga akan meremehkan usaha atau bisnis Anda. Keluarga Anda pasti menginginkan bekerja yang lebih baik, misalnya di kerja di bidang perbankan atau menjadi seorang abdi negara atau biasa disebut dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Disini, tugas Anda adalah meyakinkan mereka agar lebih percaya dan tentu nanti akan mendapatkan dukungan.

 

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui kesulitan yang akan Anda hadapi dalam awal-awal berbisnis. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Leo]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Anak SMA Ini Raup Jutaan Rupiah Dari Bisnis Sepatu

Ini yang Membedakan Anda Dengan Orang Kaya

Eksklusif: Dulu Kerja di NASA, Kini Jadi Pebisnis Robot

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Ini Adalah Kesulitan yang Akan Anda Temui dalam Memulai Bisnis
Author
Description
Banyak orang yang menganggap bahwa langkah pertama terasa sulit memang ada benarnya, berikut tantangan yang harus dihadapi saat memulai bisnis.