Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Ini 6 Alasan Kenapa Kerja dari Rumah Itu Lebih Baik


Apa saja keuntungan bekerja dari rumah dibandingkan bekerja di kantor?

Bekerja selama lima hari dalam satu minggu membuat otak jenuh. Ketika otak sudah jenuh, ini bisa menurunkan kualitas pekerjaan yang kita lakukan. Apakah Sobat Studentpreneur pernah mengalami hal tersebut? Bekerja di tempat yang sama di kantor setiap hari dengan pemandangan yang tetap itu-itu saja, terkadang bisa menjadi sumber kejenuhan kamu. Jadi jangan salah, ya! Bukan hanya pekerjaan yang bisa membuat jenuh tetapi juga suasana sehari-hari. Nah, untuk mengatasi hal ini salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pekerjaan di rumah. Berikut 6 alasan kenapa kerja dari rumah itu lebih baik.

 

Mencari Suasana Baru

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bekerja di rumah dapat memberikan suasana baru. Jika selama ini kamu bekerja di ruang dengan sekat-sekat yang membatasi kamu dengan karyawan lainnya, yang mana hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan mengganggu konsentrasimu karena kebisingan yang mereka buat, maka bekerja di rumah bisa membuatmu lebih fokus.

Atur kamarmu senyaman mungkin dan mulailah bekerja di sana. Dengan suasana yang tenang, kamu bisa memusatkan pikiran dengan lebih baik sehingga mampu bekerja tanpa gangguan. Apa lagi jika ruang kerja kamu dekat dengan jendela. Udara pagi yang sejuk akan membantu menyegarkan pikiran kamu sehingga tidak mudah membuatmu merasa bosan.

 

Terhindar dari Kemacetan sehingga Bisa Menghemat Waktu

Hidup di kota-kota besar harus siap dengan risiko macet. Perjalanan dari rumah ke kantor yang memakan waktu cukup lama karena jalanan macet, akan membuat produktivitas pekerjaan menurun. Bandingkan jika kamu bekerja di rumah. Tentu hal ini akan lebih baik karena bisa menghemat waktu. Waktu yang biasa kamu gunakan untuk perjalanan bisa kamu pakai untuk bekerja sehingga lebih produktif.

Tak hanya menghemat waktu, kemacetan saat berangkat dan pulang kerja juga tak menutup kemungkinan akan membuat kamu stres. Lain jika kamu bekerja di rumah karena bisa mengalokasikan seluruh waktu untuk bekerja., tanpa perlu tua di jalan.

 

Kenyamanan Maksimal

Mungkin kamu pernah mengalami ketika bekerja di kantor, tubuh dan kaki terasa pegal karena harus duduk dalam posisi yang sama selama berjam-jam. Ingin duduk bersila atau selonjor pun tidak memungkinkan. Nah, hal ini akan berbeda cerita jika kamu bekerja di rumah. Kamu bisa duduk bersila, selonjor di lantai maupun sambil tiduran di tempat tidur dengan bebas. Tidak perlu merasa sungkan dengan orang lain sehingga kamu bisa bekerja dengan lebih nyaman.

Kondisi yang nyaman membuat pikiran tenang dan kamu pun bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaanmu. Tak hanya itu, jika kamu lapar, tak perlu menunggu jam istirahat karena bisa makan kapan saja. Tapi ingat, kamu harus tetap bisa menjaga fokus, ya!

 

Jam Kerja Lebih Fleksibel

Ada kalanya ketika datang ke kantor, kamu tidak boleh terlambat sehingga harus berangkat pagi-pagi untuk menghindari kemacetan. Begitu pula dengan jam istirahat. Berbeda jika kamu bekerja di rumah,  kamu tidak perlu terburu-buru bangun pagi karena takut terlambat. Kamu bisa memulai pekerjaan kapan pun kamu mau. Tapi satu hal yang harus tetap diperhatikan, sesuaikan juga agar jangan sampai kamu terlambat dalam mengumpulkan deadline, ya!

Ketika sudah menyelesaikan pekerjaan sebelum waktunya pun, kamu bisa langsung bersantai. Inilah salah satu keuntungan kerja dari rumah yang cukup menggoda. Hal ini tidak akan bisa dilakukan kalau bekerja di kantor karena meskipun sudah selesai, jika jam belum menunjukkan waktu pulang maka kamu pun juga tidak bisa bersantai secara maksimal.

 

Kerja-Dari-Rumah

Kerja dari rumah biasanya lebih nyaman dan bebas. Photo credit: Wokandapix

 

Privasi Lebih Terjaga

Apakah kamu memiliki teman kerja yang suka usil mengganggu sehingga membuat kamu sulit untuk fokus bekerja? Bagi sebagian orang, privasi dalam bekerja cukup penting untuk diperhatikan. Keuntungan kerja dari rumah terkait hal ini adalah kamu tidak akan terusik dengan gangguan rekan kerja yang lain atau mendapatkan pertanyaan yang kurang berkenan terkait pekerjaan yang kamu lakukan. Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan bebas tanpa campur tangan orang lain.

 

Selain Menghemat waktu, Juga Menghemat Biaya

Apapun transportasi yang kamu tempuh, pasti akan memerlukan biaya. Misalkan jika kamu pergi ke kantor dengan bus, monorail, angkot, atau transportasi umum lainnya maka harus merogoh kocek untuk biaya tersebut, bukan? Begitu pun jika berangkat ke kantor dengan kendaraan pribadi. Kamu pastinya juga harus mengeluarkan uang untuk membeli bensin, bukan?

Belum lagi ditambah biaya makan siang saat ke kantin atau memesan delivery. Biaya-biaya di atas tidak perlu kamu keluarkan jika bekerja di rumah. Kamu tidak perlu membeli bensin atau makanan di kantin. Memasak makanan sendiri di rumah jauh lebih murah. Jadi, selain menghemat waktu kerja dari rumah juga bisa menghemat biaya.

Itulah alasan kenapa kerja di rumah lebih baik dari kerja di kantor. Berbagai keuntungan kerja dari rumah cukup penting untuk diperhatikan, terutama bagi kamu yang mulai jenuh dengan suasana kerja sehari-hari. Jika memungkinkan, mintalah pada atasan kamu untuk kerja dari rumah selama satu minggu dan rasakan sensasi kenyamanannya.

Satu hal yang juga penting untuk diperhatikan ketika kerja dari rumah adalah kemampuan untuk me-manage waktu. Jangan sampai karena fasilitas yang ada di rumah lebih lengkap dan nyaman, Sobat Studentpreneur jadi terlena sehingga menunda-nunda waktu untuk bekerja.

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Dasar-Dasar Marketing dari Tung Desem Waringin

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Menjalankan Startup dengan Metode Lean Startup

 

Zodiak Yanuarita

Zozo pernah bekerja di berbagai startup Jepang sebelum akhirnya kini membantu startup lokal Indonesia.

Facebook