Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia Wanita Sukses

Hobi Game, Wanita Ini Sukses Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan


Kata Siapa Dunia Game Hanya Untuk Pria? Bersama Temannya Shieny Aprilia Mendirikan Agate Studio dan Sukses di Industri Game!

Tidak banyak wanita yang berkecimpung dalam dunia animasi ataupun dalam pembuatan sebuah game. Namun, Shieny Aprilia membuktikannya bahwa seorang wanita juga mampu bersaing. Hal itu ditunjukkan olehnya melalui Agate Studio yang didirikannya hingga terlahir ratusan game. Dirinya juga akan terus menciptakan game yang menggambarkan kebudayaan ataupun berkarakter khusus orang-orang Indonesia.

 

Jadi, bisa diceritakan, apa saja sih yang dikerjakan di Agate Studio?

Kami menyebarkan kebahagiaan ke banyak orang melalui game yang kami buat. Game yang kami buat ada yang untuk pure entertainment seperti game sepakbola. Dan, kami juga memiliki game sepakbola yang sangat digemari oleh para bola mania yaitu Football Saga (http://footballsaga.com/). Selain itu, ada banyak serious game yang kami buat untuk banyak perusahaan sebagai marketing, training, maupun education solution. Contohnya adalah untuk kampanye presiden Jokowi beberapa bulan lalu yang diberi nama Jokowi GO! (http://bit.ly/jokowigo/) dan augmented reality game yang kami buat untuk Fanta (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cocacola.fanta.ar). Jadi, tidak menutup kemungkinan bagi Agate Studio untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan multinasional atau bahkan internasional lainnya untuk membuat game sebagai media marketing.

shieny

Kenapa terpikir oleh Mbak Shieny untuk membuat game, padahal ada banyak peluang bisnis yang lain?

Pada dasarnya, saya dan teman-teman adalah pencinta game sejati hehehe… Dari kecil sudah sangat senang main game dan bercita-cita jadi pembuat game. Dan kami percaya bahwa game ini bisa membuat dunia jadi lebih ceria dan bahagia. Jadi, ini adalah misi yang sangat mulia yang juga memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Oleh karena itu, hingga sekarang saya dan teman-teman pun tak pernah berhenti berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan game-game terbaru dan menjadi pilihan customer.

 

Darimana awalnya Mbak Shieny belajar membuat sebuah game?

Kebetulan saya kuliah Teknik Informatika di ITB, jadi saya pun mendapat banyak pelajaran pemrograman. Dan sejak saat itu saya pun suka coba-coba sendiri bikin game, walaupun pada saat itu masih seadanya hehe…. Lalu karena ketemu teman-teman yang punya minat dan cita-cita yang sama, jadi akhirnya bisa belajar bareng. Kalau sumber belajarnya sih kebanyakan saya mendapat referensi dari internet.

 

Game seperti apakah yang dibuat oleh Agate Studio dan menjadi perbedaan dengan yang lainnya?

Karena misi perusahaan kami memang menjadikan dunia lebih bahagia, maka game yang kami buat sebisa mungkin berdampak positif bagi pemainnya. Selain itu kami pasti selalu berusaha membuat game yang berkualitas tinggi dan fun.

 

Apa sih tantangannya dalam mengembangkan bisnis game, kan pesaingnya juga tidak sedikit?

Tantangannya untuk bisnis game yang menyasar consumer market adalah tingginya kompetisi terutama dari perusahaan game luar negeri. Pasalnya mereka memiliki dana promosi yang sangat tinggi dan juga memang memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dari game kami. Lalu tantangan untuk bisnis game yang menyasar corporate market, adalah bagaimana mengedukasi market bahwa game ini betul-betul bisa membawa dampak positif bagi bisnis mereka. Diantaranya adalah dengan meningkatkan efektivitas dari aktivitas marketing dan training di perusahaan mereka.

 

Sudah berapa game yang diciptakan oleh Agate Studio dan berapa penghasilan yang didapat dari bisnis pembuatan game?

Game yang kami ciptakan total dari tahun 2009 hingga sekarang sudah cukup banyak, yaitu lebih dari 150 game. Sementara itu, untuk pendapatannya, mungkin saya belum bisa kasih tau spesifik ya. Hanya saja, saya bisa kasih gambaran bahwa kami bisa terus profitable dengan total kru yang berjumlah 70 orang. Jadi, mungkin bisa cukup tergambar bahwa terjun ke dunia bisnis game juga bisa menjadi bisnis yang sehat dan memberikan keuntungan yang tidak sedikit jumlahnya.

 

Apa yang biasanya menjadi inspirasi Mbak Shieny dalam menciptakan sebuah game?

Dalam membuat game, kami mendapat inspirasi dari macam-macam hal. Diantaranya adalah dari memainkan game lain, bisa dari menonton film atau bisa dari memperhatikan aktivitas orang lain yang sedang bekerja. Bahkan tidak sedikit game yang tercipta juga terinspirasi hanya dari kegiatan melamun, dan sebagainya.

 

Menurut Mbak Shieny, bagaimana perkembangan dunia game di Indonesia saat ini?

Perkembangan dunia game di Indonesia saat ini sangat positif, terutama kebetulan setelah kami berdiri yaitu tahun 2009. Dulunya pelaku industri game di Indonesia kebanyakan adalah game publisher yang tidak mengembangkan game-nya sendiri, melainkan membawa game dari luar. Sementara game developer atau pengembang game masih sangat amat sedikit dan size-nya juga masih kecil. Namun sekarang, selain jumlah game publisher juga semakin banyak, jumlah game developer juga jauh semakin banyak. Selain itu, sekarang sudah ada Asosiasi Game Indonesia yang berperan aktif untuk mengembangkan ekosistem industri game di Indonesia agar kita bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri dan juga bisa go international melalui karya game kita. Jadi, masa depan industri game di Indonesia ini sangat cerah.

 

Pernah merasa frustasi karena gagal membuat sebuah game, dan bagaimana Mbak Shieny mengatasinya?

Tentu saja pernah. Kami pernah membuat game dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu, lalu tidak laku dan akibatnya hampir membuat kami bangkrut. Namun kami tidak pernah menyerah dan selalu berpikir positif bahwa pasti ada solusi melalui cara-cara baru baik dalam mengembangkan game maupun dalam menjual game.

 

Terakhir, apa saran dari Mbak Shieny agar mereka yang memulai bisnis seperti Anda tetap bersemangat?

Sarannya adalah selalu berpikir positif, kebal dalam menghadapi kegagalan dan tidak pernah menyerah untuk segera bangkit. Dengan begitu, kita akan terus termotivasi untuk selalu melakukan yang terbaik. Bukan hanya untuk kesuksesan semata, tetapi saat berada di puncak kesuksesan juga tetap melakukan hal yang terbaik demi kesuksesan berikutnya. Selain itu, pilihlah partner yang bisa saling melengkapi, dan selalu belajar untuk mengembangkan diri sehingga bisnis dapat terus berjalan dan menuju kesuksesan.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Anak Muda Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah Per Bulan Dari Bisnis Daging

Dari Glodok Menjadi Orang Terkaya di Dunia

Inilah Perusahaan Dengan Harga Saham Paling Mahal di Indonesia

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Hobi Game, Wanita Ini Sukses Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan
Author
Description
Kata Siapa Dunia Game Hanya Untuk Pria? Bersama Temannya Shieny Aprilia Mendirikan Agate Studio dan Sukses di Industri Game!