Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Hindari 4 Hal Berikut agar Bisnis Anda Tidak Mengalami Kebangkrutan


Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis Anda terhindar dari bangkrut.

Saat ini mungkin Anda sedang menimati proses bisnis yang sedang berjalan. Semuanya bisa sesuai dengan target yang diharapkan dan mampu melewati setiap hambatan atau rintangan yang menghadang. Bisnis yang dijalankan pun selalu mengalami pertumbuhan yang signifikan dari waktu ke waktu. Bahkan, beberapa investor pun sangat tertarik untuk menjalin kerja sama karena Anda mampu memiliki capaian bisnis yang sangat luar biasa.

Namun, yang perlu diingat adalah kondisi tersebut diatas biasanya justru menjadi titik balik Anda menuju ambang kehancuran. Hal ini dikarenakan, sebagai seorang pebisnis dengan keuntungan yang sangat besar menjadikan Anda terlena. Pemiliki bisnis dengan keuntungan besar biasanya sering mengalami kesalahan-kesalahan kecil yang dianggap sepele hingga membuatnya jatuh bangkrut. Tentu saja, Anda yang sedang mencapai kesuksesan tidak ingin mengalami hal tersebut.

 

Melupakan sejumlah hutang

Mendapatkan bantuan modal dengan cara hutang merupakan sebuah alternatif agar para pemiliki bisnis segera memiliki tambahan modal. Dengan adanya tambahan modal tentu saja para pemilik bisnis bisa dengan segera melebarkan sayap bisnisnya. Berbagai macam strategi bisnis pun segera mendapat suntikan dana segar untuk menghasilkan banyak keuntungan tambahan. Namun, disaat mengambil hutang dari beberapa lembaga keuangan namun Anda justru lupa untuk membayar lunas hutang tersebut. Hal tersebut dikarenakan para pemilik bisnis yang berhutang biasanya menunda-nunda pembayaran hingga lunas. Padahal, hutang tersebut akan menjadi beban tersendiri bagi keuangan perusahaan. Pasalnya, semakin lama hutang yang tak berbayar akan membuat bunganya juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu, Anda yang saat ini memiliki hutang maka sebaiknya segera lunasi hutang tersebut.

 

Terlena dengan omzet perusahaan

Anda menjalankan bisnis tentu dengan sejumlah target yang ingin dicapai, termasuk profit perusahaan. Namun, tak sedikit pula pebisnis yang lupa bahwa hanya profit yang akan membuat perusahaannya bertahan. Para pebisnis justru lebih senang mengejar omzet perusahaan yang cukup besar. Padahal, omzet yang diterimanya belum dikurangi dengan sejumlah beban biaya pengeluaran perusahaan. Jika seorang pengusaha lupa bahwa profit yang harus dikejar oleh perusahaan maka hal tersebut yang akan membuat bisnisnya berada di ambang kehancuran. Oleh karena itu, seorang pebisnis harus sudah tahu bahwa yang dikejar adalah profit bukannya omzet untuk perusahaan.

 

Perhatikan rekan bisnis

Salah satu hal yang membuat bisnis bisa berjalan dengan baik adalah memiliki networking atau jaring pertemanan yang luas. Pasalnya, melalui relasi yang cukup besar tersebut memungkinkan Anda menjalin sebuah kerja sama yang saling menguntungkan dalam bisnis. Namun, jika Anda salah memilih rekan atau partner dalam berbisnis maka kemungkinan besar akan menghadapi berbagai masalah dimana hal tersebut akan membawa bisnis Anda ke jurang kehancuran. Oleh karena itu, muncul sebuah anggapan di kalangan pebisnis bahwa lebih baik menjalin sebuah pertemanan karena bisnis daripada menjalankan bisnis karena sebuah hubungan pertemanan. Hal tersebut dikarenakan bisnis yang berdasar atas pertemanan justru akan membuat Anda mudah terlena dan membiarkan kesalahan-kesalahan berlalu begitu saja. Padahal, kesalahan tersebut yang membuat bisnis Anda terhambat untuk maju dan berkembang. Pada akhirnya bisnis Anda pun berada di ambang kebangkrutan.

bankrupt

Banyak mengerjar peluang bisnis

Sebuah pepatah mengatakan bahwa kesempatan emas tidak akan pernah datang untuk yang kedua kalinya. Hal ini yang kemudian menjadi dasar bagi seorang pebisnis meraih kesuksesan dengan mengambil semua peluang emas yang ada. Padahal, tanpa adanya fokus dalam mengerjakan peluang emas tersebut justru akan menjadi berantakan. Pekerjaan tak akan pernah selesai dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap fokus pada target-target bisnis yang sudah ditetapkan. Sekalipun melewatkan peluang emas, bukan berarti Anda harus mengalami kegagalan karena hasil pekerjaan yang tidak optimal. Dengan menjalankan bisnis sesuai target maka Anda bisa mencapai hasil yang maksimal.

 

Itulah beberapa hal yang akan membuat Anda semakin waspada dalam menjalankan bisnis. Harapannya, Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik dan terhindar dari kebangkrutan. Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.  [Photo Credit: Simon]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Pebisnis Sukses Dibalik Kesuksesan PicMix

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Mereka Tidak Beruntung, Tapi Jauh Lebih Sukses Dari Anda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 




  • Viral Terbaru

    penyebab bangkrut di tahun 2019 ini adalah
    1. biaya produksi / beban tetap tinggi
    2. daya beli masyarakat rendah
    3. adanya barang / produk substitusi atau pengganti

    saya juga bahas di website saya http://www.kirimartikel.com mari saling berbagi informasi agar bisa saling melengkapi.