Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Google Wallet Siap Bersaing Kembali Dengan Apple Pay


Untuk menyaingi Apple Pay, Google Wallet kini siap berinovasi kembali.

Pernah mendengar Google Wallet kan? Google Wallet adalah mobile payment buatan Google. Diluncurkan pada tahun 2011, Google Wallet sudah bekerja sama dengan 300 ribu merchant di seluruh Amerika Serikat. Google Wallet sendiri hanya hadir di Amerika Serikat saja, karena Google masih meraba-raba masar mobile payment. Mobile payment sendiri di Amerika Serikat masih didominasi oleh Apple Pay.

Maka dari itu, kemarin Google mengumumkan secara resmi bahwa telah mengakuisisi Softcard, mobile payments sistem yang dikembangkan oleh Verizon. Softcard sendiri sebelumnya bernama Isis, tetapi diganti karena nama isis terlalu riskan. Google akan berusaha “menghidupkan” Google Wallet yang mulai mati suri sejak dibuka pada tahun 2011.

 

Google Wallet sekarang

Sebenarnya Google Wallet tidak sepenuhnya hilang, karena hanya tersedia di Amerika Serikat. Google Wallet tidak terdeteksi di Indonesia maupun di Asia, sehingga berita yang tersampaikan tidak begitu luas. Google Wallet sendiri pada tahun 2013 lalu telah berinovasi dengan mengintegerasikan Google Wallet dengan Gmail. Jadi para pelanggannya bisa melakukan transaksi menggunakan attachment Gmail. Tetapi karena kurangnya sosialisasi dan pengguna yang terus merusut, Google akhirnya mengambil langkah besar setelah mengakuisisi Softcard.

google-wallet

Akuisisi Softcard

Softcard dalam press release resminya mengatakan akan segera mengumumkan kepada para penggunanya beberapa hari kedepan tentang kejelasan Softcard. Perlu diketahui, Softcard adalah mobile payments yang hanya bisa digunakan di Windows Phone. Sistem kerjanya sama dengan Apple Pay yang hanya bisa di device Apple. Dengan diakuisisinya Softcard oleh Google, itu berarti pengguna Softcard akan dapat menggunakan beberapa device seperti Google Wallet sebelumnya.

Mobile payments di Amerika Serikat bukan barang baru, beberapa perusahaan pun mempunyai mobile payments sendiri. Yang terkenal mungkin PayPal. Tetapi sekarang Samsung pun iku terjun didalam dunia mobile payments, pada awal tahun 2015 ini Samsung menginvestasikan uangnya ke startup LoopPay. Dan dengan diakuisisinya Softcard oleh Google, itu berarti Google Wallet akan head to head dengan Apple Pay. Bagaimana dengan Anda? Masih percaya dengan mobile payments? Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Joe]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Road to Funding: Tetap Fokus di Misi dan Produk

Anda Bodoh Kalau Takut Ide Bisnis Anda Dicuri

Kisah Buruh Pabrik yang Berhasil Jadi Salah Satu Orang Terkaya Hongkong

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Google Wallet Siap Bersaing Kembali Dengan Apple Pay
Author
Description
Untuk menyaingi Apple Pay, Google Wallet kini siap berinovasi kembali.