Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Empat Tips Manajemen Waktu Sederhana


Dalam bisnis, waktu adalah segalanya. Terutama bagi Anda yang masih startup, manajemen waktu adalah salah satu hal yang paling penting. Waktu bekerja Anda tiap harinya hanya sekitar 8-12 jam, kalau tidak dimanfaatkan dengan baik, bisnis akan sulit berkembang. Terlalu banyak melakukan hal yang tidak perlu adalah salah satu penyebab buruknya manajemen waktu kebanyakan orang. Berikut adalah lima tips manajemen waktu sederhana yang bisa Anda gunakan dalam memajukan bisnis maupun untuk kepentingan sehari-hari.

 

J14_JamDindingPromosi

 

Jangan Sok Ingat, Gunakan To-Do-List

Penyakit utama dari seorang entrepreneur adalah tidak suka mencatat hal-hal yang seharusnya penting. Parahnya, mereka justru melupakan tugas penting yang harusnya dikerjakan segera. Buatlah to-do-list sekaligus prioritasnya dan usahakan melaksanakan to-do-list tersebut. Selain tugas-tugas kantor, daftar seperti siapa yang harus ditelepon juga sebaiknya dimasukkan dalam to-do-list tersebut. Disiplin dalam penggunaan to-do-list adalah tips manajemen waktu yang utama. Kalau Anda tidak suka menggunakan kertas, coba gunakan software atau website to-do-list yang ada di pasaran. Tim Studentpreneur merekomendasikan Asana atau Astrid List.

 

Simpan File Secara Teratur

Ketika perusahaan masih kecil dan belum mampu mengangkat bagian administrasi, biasanya penyimpanan file sangat berantakan. Ketika diperlukan, waktu kita malah habis untuk mencari sebuah dokumen. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda membiasakan menyimpan dokumen secara teratur, mengaturnya sesuai kategori dan tanggal. Kalau file online yang menjadi masalah, biasakan membuat folder berdasarkan kategori dan tanggal juga. Tips manajemen waktu sederhana ini akan membantu Anda untuk lebih efektif.

 

Kurangi Rapat

Perusahaan yang kurang efektif adalah perusahaan yang terlalu banyak rapat. Parahnya lagi, seringkali rapat ini tidak menghasilkan apa-apa. Lebih baik Anda menciptakan strategi untuk mengurangi rapat, ataupun kalau harus mengadakan rapat, harus berfokus untuk menyelesaikan satu masalah atau menghasilkan sesuatu. Tips lainnya adalah gunakan waktu di luar jam kerja untuk rapat, jadi pekerjaan sehari-hari di perusahaan tidak akan terganggu. Tidak ada salahnya mengajak karyawan Anda rapat sambil makan-makan di luar kan?

 

Manfaatkan Waktu Kosong Anda

Ketika harus menunggu di bandara, kereta, atau sekedar antri makanan, Anda masih bisa untuk produktif. Bawalah buku motivasi, kisah pebisnis inspiratif, atau majalah Studentpreneur ke manapun Anda pergi. Ketika Anda harus menunggu, tinggal keluarkan buku tersebut dan bacalah. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas pribadi Anda, daripada hanya menunggu tanpa menghasilkan apapun. Berlatih pitching ke calon pelanggan juga bisa dilakukan pada waktu-waktu tidak produktif seperti ini.

 

Sobat Studentpreneur ada tips manajemen waktu yang efektif lainnya? Jangan segan untuk share melalui komen di bawah ini.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter 




  • Anggit

    bagus , tips tmbhan .. berikan satu waktu dmn anda bnar2 free, matikan hp dan lupakan tntang omset atau laba . dan mulailah menhargai diri sendiri . biar gk stres

    Anggit YP