Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia Wanita Sukses

Dulu Buruh Pabrik, Kini Gadis Ini Termasuk Terkaya Tiongkok


Salah satu daftar terkaya di Tiongkok ada yang masih terlihat cantik, dan ternyata dulu cuma seorang buruh!

Masih muda, cantik, pintar dan kaya. Itulah gambaran awal jika melihat profile dari Zhang Xin. Namanya seperti atlit bulutangkis Tiongkok, tetapi dia adalah pengusaha alias entrepreneur. Zhang Xin adalah pemilik sekaligus pendiri dari SOHO Tiongkok, salah satu perusahaan real estate terbesar di Tiongkok. Walaupun masih muda, ternyata kisah Zhang Xin memperoleh kesuksesan di usia seperti sekarang membutuhkan perjuangan yang tidak sedikit bahkan sangat jatuh bangun.

 

Keluarga yang nomaden

Zhang Xin lahir dari keluarga yang nomaden, ibunya adalah keuturan Myanmar lalu pindah ke Hong Kong, kemudian pindah lagi ke Beijing. Zhang sendiri lahir di Beijing. Karena pekerjaan orang tuanya sebagai translator, akhirnya mereka terpaksa pindah lagi ke Hong Kong. Setelah itu Zhang Xin hidup di Hong Kong dengan flat – apartemen kecil – yang hanya cukup digunakan untuk 2 kasur. Bahkan untuk sehari-hari Zhang harus makan di kantin bersama para pekerja. Makannya pun terbatas dan itu-itu saja setiap hari.

 

Harus bekerja

Setelah lulus SMA, dia tidak langsung melanjutkan ke bangku kuliah karena tidak mempunyai cukup uang. Akhirnya Zhang harus bekerja di pabrik. Tekad Zhang sangat tinggi, karena dia ingin sekali melanjutkan ke bangku sekolah. Untuk bisa sekolah satu-satunya jalan adalah dia harus mempunyai cukup uang dan mencari beberapa beasiswa.

Akhirnya pada umur 20 tahun, Zhang mendapatkan passport warga Hong Kong dan berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Inggris. Tetapi, beasiswa tidak semata akan menyelamatkan nasib Zhang, dia harus berpikir untuk bagaimana tinggal disana. Dengan uang tabungannya, Zhang bisa terbang ke London dan berkuliah disana. Dia berkuliah di jurusan sastra Inggris, kemudian dia diterima dengan beasiswa lagi di University of Sussex. Berturut-turut dia mendapatkan gelar master di Cambridge University. Ketika itu masa depan Zhang sudah cerah, dia bisa meninggalkan semua kenangan tidur dengan ruangan yang sempit.

 

Mulai bekerja dan berbisnis

Dia ingin kembali ke Hong Kong, akhirnya dia diterima di Barings Bank di Hong Kong. Disana dia dapat meluangkan waktu bersama keluarganya lebih banyak. Kemudian dia diterima  di Goldman Sachs, sebuah perusahaan investasi asal Amerika. Akhirnya Zhang pun harus pindah ke Amerika, New York. Bekerja diperusahaan investasi, membuat Zhang mengerti tentang seluk beluk membuat perusahaan atau mengembangkan perusahaan. Akhirnya dia tertarik untuk berbisnis.

Dia kemudian bersama suaminya membuat SOHO, perusahaan property. Perusahaan ini sangat berkembang dengan cepat, tidak lama setelah didirkan SOHO mendapatkan tender untuk pengerjaan real estate beratus-ratus hektar. Kemudian akhirnya sekarang total SOHO sudah mengerjakan real estate di 5.5 juta hektar di seluruh Tiongkok.

profil-zhang-xin

Sekarang  Zhang Xin adalah anggota dari Young Global Leader di World Economic Forum, dan menjadi pembicara dibeberapa agenda kenegaraan di dunia. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Bilanz]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Padukan Bisnis dan Budaya, Mahasiswa Surabaya Raup Jutaan Rupiah

Inspiratifnya Mantan Tukang Besi yang Jadi Milliuner

Inilah 3 Model Bisnis yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Dulu Buruh Pabrik, Kini Gadis Ini Termasuk Terkaya Tiongkok
Author
Description
Salah satu daftar terkaya di Tiongkok ada yang masih terlihat cantik, dan ternyata dulu cuma seorang buruh!