Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Inovator

Dibalik Berdirinya Airbnb, Perusahaan Senilai 100 Trilliun Rupiah


Meskipun sekarang bernilai lebih dari 100 Trilliun Rupiah, Airbnb berasal dari ide yang sangat sederhana.

Sekarang, siapa yang tidak mengetahui tentang Airbnb. Sebuah website atau aplikasi yang memudahkan Anda untuk menyewa kamar kosong jika sedang bepergian.  Airbnb sekarang sangat terkenal di dunia, apalagi di Amerika Serikat. Total Airbnb mempunyai 800 ribu daftar kamar yang bisa disewakan di 33 ribu kota dan 192 negara di seluruh dunia. Pendirinya adalah Brian Chesky, entrepreneur yang jago desain, tidak nyambung memang. Dia bersama Joe Gebbia mendirikan Airbnb, sekarang Brian Chesky jadi CEO dan Joe Gebbia jadi CPO (Chief Product Officer).

 

Suka desain

Lahir di kota besar, New York membuat teman-teman dan relasi dari Chesky cukup banyak. Ketika kecil, Chesky sudah sangat menyukai segala sesuatu tentang desain, mulai dari game sampai menggambar. Ada kejadian lucu, ketika natal tiba, Chesky meminta hadiah natal kepada Santa Claus hadiah mainan rusak. Kenapa mainan rusak? Karena Chesky kecil ingin mendesain ulang mainan tersebut. Lalu ketika main game console, Chesky sangat jengkel karena desain dari game console tersebut sangat jelek. Ini membuat Chesky kecil sangat berminat untuk menjadi desainer.

Ketika kuliah, Chesky masuk kedalam Rhode Island School of Design. Disana dia banyak melatih kemampuan desainnya. Setelah lulus kuliah, dia bersama teman sekamarnya waktu yaitu Joe Gebbia sedang pusing karena tidak punya uang. Mereka tidak bekerja, mereka kebanyakan mendapatkan pekerjaan freelance. Jadi  mereka mendapatkan uang tidak teratur.

 

Mendapatkan ide Airbnb

Pada tahun 2008, dia bersama Joe Gebbia sedang berada di New York, lalu mereka ingin mengikuti pertemuan Industrial Design di San Francisco. Tetapi sayang, ketika ingin mengikuti pertemuan tersebut, di San Francisco semua hotel sudah penuh. Tidak ada hotel yang low budget yang kosong. Akhirnya mereka berpikir untuk membuat bisnis dari situ. Dia membeli 3 kasur di tempat untuk tinggali, dan mempromosikan lewat website. Dan dari situlah nama Airbnb muncul, yaitu Air Bed and Breakfast. Tetapi sayang, karena kurangnya marketing, sangat sedikit yang mengetahui apa itu Airbnb. Bahkan ketika diluncurkan, Airbnb hanya mempunyai 2 pelanggan, salah satunya adalah Chesky sendiri.

Tetapi 2 bulan setelah peluncuran, Chesky merekrut founder lagi, dan marketing mulai berjalan. Konsep juga mulai terlihat. Kemudian Airbnb mengikuti beberapa kompetisi startup, ternyata banyak yang tertarik untuk memfasilitasi Airbnb. Total Airbnb mendapatkan pendanaan hingga 450 juta dolar sampai sekarang.

Cara kerja Airbnb sangat mudah, jika Anda mempunyai kamar apartemen yang kosong atau bahkan rumah yang kosong, bisa Anda promosikan di website Airbnb. Anda tinggal menunggu calon tamu. Beberapa tamu akan memilih tempat yang dekat keperluan mereka.

brian-chesky

Sekarang, Airbnb sangat diminati di Amerika Serikat, bahkan di kota-kota seperti Texas, San Francisco, ataupun New York, Airbnb sangat digemari. Di Texas sendiri setidaknya sekarang ada 50 ribu sampai 60 ribu orang yang memakai Airbnb. Dengan investasi sebesar itu, sekarang Airbnb mempunyai nilai perusahaan sampai 10 miliar dolar. Dari ide sederhana, mereka bisa merubah kamar kosong menjadi pundi-pundi uang. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: TC]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Padukan Bisnis dan Budaya, Mahasiswa Surabaya Raup Jutaan Rupiah

Inspiratifnya Mantan Tukang Besi yang Jadi Milliuner

Inilah 3 Model Bisnis yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Dibalik Berdirinya Airbnb, Perusahaan Senilai 100 Trilliun Rupiah
Author
Description
Meskipun sekarang bernilai lebih dari 100 Trilliun Rupiah, Airbnb berasal dari ide yang sangat sederhana.



  • http://iosinotes.blogspot.com Iosi Pratama

    Sangat menginspirasi . Belajar dari para founder .