Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Developer The Sims dan SimCity Bangkrut


Tak pernah ada yang bisa memprediksi suatu perjalanan bisnis, begitu pula dengan developer game The Sims yang kini mengalami kebangkrutan.

Jika mendengar game SimCity, hampir semua pernah memainkan game tersebut bukan? Game ini benar-benar menjadi idola di tahun 2000an, bahkan sampai tahun 2010 game SimCity masih menjadi pilihan untuk ketegori simulator kota ini. Tetapi kenyataannya sekarang berbalik, salah satu game developernya yaitu Maxis telah mengkonfirmasi bahwa telah bangkrut dan menutup studionya.

Seperti dikutip di geek.com, salah satu dari pegawai Maxis pun mengucapkan perpisahan melalui akun Twitter pribadinya. Yaitu Guillaume Pierre sang desainer menulis perpisahan di Twitter.

Well it was a fun 12 years, but it’s time to turn off the lights and put the key under the door #RIPMaxisEmeryville

 

Perjalanan berliku

Memang perjalanan dari Maxis sangat berliku. Maxis adalah game developer pertama yang membuat game berjudul SimCity 3000 pada tahun 1998. Setelah itu game developer besar Electronics Arts (EA) tertarik untuk mengakuisisi Marxis. Pada tahun 1998 pun Marxis berhasik diakuisisi oleh EA dan berganti nama menjadi EA Maxis. Keluaran pertama EA Maxis adalah The Sims pada tahun 2000. Game life simulasi ini sangat bisa diterima masyakarat. Kemudian berturut-turut EA Maxis mengeluarkan game Sims-Sims lainnya.

Tetapi ternyata puncak dari perseteruan dari EA Maxis dan EA sendiri adalah ketika peluncuran game terbaru yaitu SimCity Buildit pada akhir 2014 lalu. Ternyata game tersebut jauh dibawah target yang diberikan EA. Game tersebut membutuhkan kecepatan internet yang cepat dan juga spesifikasi yang tinggi. Beberapa forum pun tidak merekomendasikan game tersebut.  Apalagi setelah peluncuran SimCity Buildit versi mobile, sekarang tidak jelas apakah game tersebut sudah diluncurkan atau belum.

the-sims

EA Marxis yang didirikan pada tahun 1987 – sudah berkarya  27 tahun – telah mengeluarkan sekitar 31 game. Dan game-game tersebut kebanyakan adalah The Sims Series. Tentu kebanyakan dari kita pernah memainkan game seri The Sims, mulai dari yang The Sims atau SimCity. Sekarang kita akan hanya bisa memainkan game-game seri The Sims yang lama, karena EA kemungkinan besar tidak akan mengeluarkan seri The Sims yang terbaru lagi. #RIPMaxis
Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Nicky]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Orang Terkaya di Arab Saudi Memilih Hidup Miskin di Akhir Hayatnya

5 Cara Berpikir Negatif Untuk Terus Maju

Empat Anak Muda Surabaya Ubah Sampah Jadi Barang Mewah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Developer The Sims dan SimCity Bangkrut
Author
Description
Tak pernah ada yang bisa memprediksi suatu perjalanan bisnis, begitu pula dengan developer game The Sims yang kini mengalami kebangkrutan.