Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Cerita Unik dari Keluarga Tertutup yang Jadi Terkaya di Thailand


Mampu bertahan dari krisis moneter, pria ini mampu menjadikan perusahaannya yang terbaik di Thailand.

Tidak banyak yang bisa diambil dari masa kecil Krit Ratanarak atau orang terkaya nomor 5 di Thailand. Menurut majalah Forbes kekayaan jutawan ini adalah 5.1 miliar dolar atau setara 51 triliun jika dikonversi dalam mata uang rupiah. Krit merupakan contoh pengusaha yang sangat sukses di Thailand, bisnisnya tida hanya terpusat disatu bidang, tetapi di banyak bidang. Sekarang Krit mengepalai Bangkok Broadcasting & Television Company (Channel 7), serta memimpin perusahaan Krungsri Bank, Slam City Cement, Allianz Ayudhya dan lain-lain.

 

Keluarga yang tertutup

Seperti yang diberitahukan diawal, keluarga Krit adalah keluarga yang sangat tertutup. Tidak banyak diketahui bagaimana masa kecil Krit beserta anak-anaknya. Bahkan majalah Forbes menyebut bahwa Krit adalah ‘a very secretive clan’. Krit adalah anak dari Chuan Ratanarak, seorang yang ahli dalam bidang perbankan. Chuan adalah founder dari Bank of Ayudhya, Slam City Cement dan Bangkok Broadcasting and Television. Ya, Chuan adalah pendiri dari semua perusahaan yang dibawahi oleh Krit saat ini.

profil-krit-ratanarak

Adalah seorang yang ulet

Walaupun terlahir dari ayah yang serba berkecukupan, Krit tidak menjalani semuanya langsung dari atas. Pada tahun 1972, Krit memulai kiprahnya di perusahaan keluarga sebagai pegawai biasa di Bank of Ayudhya. Selama 10 tahun Krit belajar mengetahui bagaimana sistem diperbankan. Setelah 10 tahun, tepatnya pada tahun 1982 Krit diangkat menjadi presiden dari Bank of Ayudhya. Setelah kematian dari ayahnya pada tahun 1993, Krit resmi diangkat menjadi direktur.

Tetapi entah nasib sial apa yang menimpa Krit, pada tahun 1997, krisis ekonomi menimpa seluruh Asia Tenggara. Bank of Ayudhya yang terkena dampak krisis moneter pun hampir mengalami bangkrut, tetapi dengan usahanya Krit berhasil mendapatkan menjual sahamnya untuk menyelamatkan Bank of Ayudhya. Krit termasuk 8 pebisnis yang mampu bertahan di Thailand pada krisis ekonomi Asia Tenggara.

 

13 tahun setelah krisis moneter

Setelah ayahnya meninggal, Krit menjadi CEO dari semua perusahaan yang ditinggalkan oleh ayahnya tersebut. Mulai dari Slam City sampai BBTV. Pada tahun 1998, Krit membuat Slam City Cement menjadi semen yang paling banyak dijual di Thailand. Lalu membuat BBTV menjadi saluran no 1 dalam pendapatan iklan. Ini semua dilakukan Krit tidak dalam kurun waktu yang cepat, dibutuhkan 13 tahun lebih untuk mendapatkan kekayaan yang dimilikinya saat ini. Bank of Ayudhya pun sekarang juga menjadi bank papan atas di Thailand.

 

Sekarang Sobat Studentpreneur mengetahui bahwa kesuksesan dari Krit tidak hanya datang dari keluarganya, tetapi melainkan datang dari perjuangan Krit dalam melewati krisis ekonomi. Bagaimana menurut Anda? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom dibawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Pria Ini Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Makanan Halalnya

Ibu Rumah Tangga Jadi Jutawan Berkat Sambal Racikannya

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Cerita Unik dari Keluarga Tertutup yang Jadi Terkaya di Thailand
Author
Description
Mampu bertahan dari krisis moneter, pria ini mampu menjadikan perusahaannya yang terbaik di Thailand.