Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Motivasi

CEO Kulit Hitam Pertama McDonalds Mulai Karirnya Sebagai Tukang Listrik


Ternyata CEO McDonalds yang barusan mundur memulai karirnya di McD sebagai tukang listrik.

Beberapa bulan yang lalu, atau tepatnya akhir Januari 2015. Ada kabar mengejutkan, yaitu CEO McDonalds, Don Thompson mengundurkan diri. Don Thompson adalah CEO McD mulai tahun 2012 sampai 2015 ini. Ternyata, alasan mundur Don Thompson adalah penjualan atau omset McD pada tahun 2014 adalah yang terendah selama 12 tahun. Itulah alasan Thompson untuk mengundurkan diri mulai Maret 2015. Tetapi, kisah Thompson yang ternyata memulai karir sebagai tukang listrik di McD cukup menarik.

 

Seorang gangster

Untuk sekedar informasi, Don Thompson adalah seorang kulit hitam. Dan merupakan CEO pertama McD yang merupakan keturunan Afrika-Amerika. Thompson kecil seperti kebanyakan orang kulit hitam di Amerika Serikat, hidup dibawah garis kemiskinan. Dan tentu, kehidupannya pun tidak jauh dari kriminal. Ketika kecil, Thompson hidup dengan para gangster di dekat rumahnya. Tetapi, akhirnya ibunya melihat lingkungan yang kurang kondusif, keluar dari Thompson pindah ke Indianapolis.

 

Mulai mengenyam pendidikan dan masuk perguruan tinggi

Setelah pindah ke Indianapolis, Thompson melanjutkan kuliahnya ke Purdue University. Disana dia mengambil jurusan elektro. Setelah lulus, dia diterima dan bekerja di Northrop Gruman. Disana dia bekerja sebagai tukang listrik. Kemudian dia mendapatkan tawaran untuk mengembangkan soal kelistrikan di McD pada tahun 1990.

 

Kisah awal kebangkitan Thompson di McD

Di McD ternyata Thompson tidak hanya menjadi tukang listrik biasa. DIa disana juga berperan untuk membuat mesin robot yang membantu distribusi makanan dan pengaturan otomatis sewaktu masak. Setelah itu, dia bekerja secara resmi di McD dibagian Robotik dan Kontrol Sirkuit. Dan ternyata itu adalah posisi baru yang ada McD.

Thompson mendapatkan kecocokan ketika bekerja di McD. Selama dua tahun menjadi bagian kelistrikan, Thompson mendapatkan promosi menjadi project manager. Lalu menjadi store manager pada tahun 1994. Tidak cukup sampai disitu, Thompson langsung mendapatkan promosi lainnya ketika sukses membawahi salah satu restoran McD di South Chicago. Dia menjadi regional manager pada tahun 1998, membawahi sekitar 350 restoran McD di California.

Puncaknya adalah ketika diminta menjadi Chief Operations Officer (COO) McDonalds pada tahun 2005, pada saat itu Thompson diharuskan membawahi seluruh McD di Amerika Serikat dan Kanada. Baru pada tahun 2012 dia menjadi CEO McD.

Don-Thompson

Kisah Thompson yang benar-benar memulai bekerja dari bawah di McDonalds, mulai jadi tukang listrik, lalu store manager sampai akhirnya menjadi CEO sangat bertahap. Walaupun dia adalah orang kulit hitam, tetapi tidak mempengaruhi kinerja dari Thompson. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Amren]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Howard Schultz, Dari Karyawan Jadi CEO Starbucks

Lezatnya Kue Mochi Malang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Muda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
CEO Kulit Hitam Pertama McDonalds Mulai Karirnya Sebagai Tukang Listrik
Author
Description
Ternyata CEO McDonalds yang barusan mundur memulai karirnya di McD sebagai tukang listrik.