Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Menjadi Lebih Produktif


Ketika pertama kali bangun tidur, Anda sudah mempunyai bayangan akan melakukan apa saja, mulai dari menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang menumpuk, menjemput anak di sekolah, dan mungkin bertemu dengan teman-teman SMA Anda. Anda merasa bahwa hari itu Anda akan menjadi sangat produktif. Namun, setelah hari berlalu, ternyata Anda bahkan gagal menyelesaikan setengah dari yang harusnya diselesaikan. Gaya hidup produktif sangat sulit untuk dipraktekkan, namun menjadi pribadi yang produktif adalah tuntutan wajib saat ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk menjadi lebih produktif.

 

kerja kafe

 

Bekerja di kafe ketika bosan adalah salah satu cara menjadi lebih produktif 

Pecah Tugas Besar Anda Menjadi Bagian Kecil

Salah satu hal yang menyebabkan sebuah tugas tidak selesai adalah tugas tersebut terlalu besar, sehingga Anda bahkan segan untuk memulainya. Tips menjadi lebih produktif adalah pecah tugas besar tersebut menjadi beberapa tugas kecil. Kemudian, perlahan kerjakan tugas kecil yang paling mudah. Ketika sudah mulai mengerjakan sesuatu, tubuh Anda akan terbiasa dan pada akhirnya berhasil menyelesaikan tugas tersebut. Memecah tugas besar menjadi beberapa tugas kecil akan memberi rasa doable pada tugas itu, membuat Anda lebih produktif.

 

Coba Selesaikan Masalah Lain Apabila Mentok

Kalau Anda merasa mentok dalam mengerjakan sebuah tugas atau menyelesaikan masalah, lebih baik lewati tugas atau masalah tersebut. Kebanyakan orang menjadi tidak produktif karena menjadi tidak mood gara-gara tugas yang mentok. Kerjakan tugas lain yang lebih mudah, dan kemudian coba lagi mengerjakan tugas yang mentok sebelumnya. Intinya, kalau Anda mentok, kerjakan yang lain dahulu, untuk membangun mood agar tetap positif. Tanpa mood positif, Anda akan sulit untuk menyelesaikan masalah.

 

Pindah Tempat

Tips untuk meningkatkan produktivitas lainnya adalah pindah tempat. Carilah suasana baru. Apabila sudah mentok di kantor, cobalah bawa laptop atau dokumen Anda dan kerjakan di kantin. Segelas kopi atau teh biasanya bisa membuat otak Anda kembali bergerak dan fresh. Ingat mantra di atas, sebelum Anda mendapatkan mood baik, Anda tidak akan bisa menyelesaikan masalah besar. Berpindah tempat di suasana yang baru akan membantu Anda mendapatkan mood baik dan menjadi lebih produktif.

 

Bersihkan Meja Anda

Terkadang, rasa frustasi tidak bisa menyelesaikan masalah juga disebabkan oleh kotornya tempat Anda berada saat itu. Jangan segan untuk membersihkannya. Bekerja di tempat yang bersih akan membuat Anda lebih produktif. Setidaknya, siapa yang bisa bekerja atau menyelesaikan sebuah masalah besar ketika bau kaos kaki yang sudah seminggu tidak dicuci sangat menyengat di hidung?

 

Sobat Studentpreneur adalah tips lain?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter 




  • Edbert Jahnsenn

    Mantap banget gan tipsnya. No 3 n 4 bener banget

  • ria

    hal paling jitu untuk lebih produktif adalah merasa nyaman melakukan sesuatu dan ada hasil yang bisa dinikmati.

  • mahrizal

    Menarik Tips nya

    Bener untuk pindah ke tempat lain karena kita bisa mendapatkan suasana lain