Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Mengetahui Pergerakan Kompetitor Bisnis Anda


Anda tak perlu takut jika ada pesaing dalam menjalankan sebuah bisnis, karena belum tentu pesaing akan menjalankan bisnis dengan sistem yang sama.

Dalam menjalankan sebuah bisnis maka sangat besar sekali kemungkinan munculnya seorang pesaing atau kompetitor. Mereka biasanya akan menjalankan bisnis dengan menawarkan produk yang hampir sama hingga menggunakan strategi pemasaran yang unik. Namun, sebaiknya Anda tak perlu khawatir langkah kompetitor akan menjatuhkan bisnis yang sedang berjalan. Justru, kehadiran pesaing atau kompetitor dalam berbisnis akan memunculkan ide kreatif baru untuk bisa bersaing secara sehat. Konsumen tentunya akan memilih yang terbaik diantara Anda dan juga pesaing. Anda juga bisa melihat setiap pergerakan bisnis yang dilakukan oleh kompetitor dalam menjalankan bisnisnya.

 

Menjadi konsumen bayangan

Dalam dunia bisnis, dikenal dengan yang namanya ghost shopping. Pada dasarnya, ghost shopping digunakan oleh manajemen untuk mengetahui kinerja karyawan perusahaannya. Jadi, cara ini digunakan untuk memantau kondisi internal suatu perusahaaan saat melayani seorang konsumen. Namun, Anda juga bisa menggunakan ghost shopping agar bisa mengetahui setiap pergerakan bisnis kompetitor. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari sistem penjualannya hingga kisaran harga suatu produk yang ditawarkan. Hanya dengan cara inilah, Anda akan benar-benar mengetahui apa yang dilakukan oleh kompetitor dalam membangun bisnisnya. Selain itu, Anda juga benar-benar bisa memantau kualitas produk yang ditawarkan oleh kompetitor begitu juga dengan harga yang ditawarkannya.

 

Manfaatkan fitur bookmark untuk website pesaing

Jika kompetitor Anda menggunakan website sebagai media promosi, maka jangan ragu untuk menggunakan fitur bookmark. Dengan cara menandai situs pesaing melalui fitur bookmark maka Anda bisa mengetahui setiap perkembangannya. Anda bisa mendapat update dari setiap pergerakan kompetitor dalam menjalankan bisnisnya. Tapi, yang perlu diingat adalah jangan sampai Anda justru terjebak dengan yang dilakukan oleh pesaing. Pasalnya, jika hal itu terjadi maka akan mematikan kreativitas Anda dalam menjalankan bisnis sehingga terkesan menjadi peniru semata. Jika hal tersebut terjadi maka kredibilitas Anda dalam menjalankan bisnis pun akan diragukan. Akibatnya adalah para konsumen akan meninggalkan Anda.

 

Jangan remehkan kekuatan sosial media

Sebagai seorang pebisnis sejati, maka Anda sebaiknya bisa menjalin hubungan dengan siapa saja, tak terkecuali dengan kompetitor. Bahkan, bukan hanya menjalin hubungan di dunia nyata saja tetapi juga berhubungan baik melalu dunia maya. Tak ada salahnya bagi Anda untuk mem-follow setiap media sosial yang dimiliki oleh kompetitor. Sebaiknya Anda tidak hanya menjadi follower pasif, tetapi Anda dan kompetitor bisa saling memberikan tips dalam berbisnis yang nantinya dibaca oleh followers yang lainnya. Dengan begitu akan terjalin hubungan yang sehat dalam menjalankan bisnis.

 

Buatlah sebuah forum bisnis

Jika Anda membangun sebuah bisnis maka tak ada salahnya jika mulai memikirkan untuk membuat sebuah forum bisnis. Pasalnya, melalui sebuah forum bisnis inilah Anda akan bisa mendapat banyak informasi terkait perkembangan baru dalam dunia bisnis. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait pergerakan bisnis yang dilakukan oleh kompetitor. Jika Anda dirasa sudah menemukan informasi yang dibutuhkan maka Anda pun bisa menyusun strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis kedepan nantinya. Namun yang perlu diingat adalah forum bisnis yang dijalankan tentunya berkaitan dengan bisnis Anda sendiri.

 

Libatkan konsumen

Untuk mengetahui apa saja pergerakan kompetitor dalam menjalankan bisnis maka Anda bisa melibatkan konsumen. Caranya adalah dengan melakukan wawancara atau bahkan mengirim sebuah email pertanyaan kepada mereka terkait produk-produk baru yang diinginkan oleh konsumen. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui perkembangan terbaru terkait kebutuhan konsumen dan tak perlu takut untuk ditiru oleh kompetitor. Dengan mengirimkan email kepada konsumen potensial yang berisi terkait survey konsumen maka Anda bisa meluncurkan produk sesuai dengan keinginan pasar tentunya.

forum-bisnis

Jangan takut dengan setiap pergerakan kompetitor Anda. Pasalnya, dengan memperhatikan setiap langkahnya maka Anda juga menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Maryland]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Cara Mengetahui Pergerakan Kompetitor Bisnis Anda
Author
Description
Anda tak perlu takut jika ada pesaing dalam menjalankan sebuah bisnis, karena belum tentu pesaing akan menjalankan bisnis dengan sistem yang sama.