Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Cara Memperbaiki SEO Secara Natural


Dalam semua bisnis, website memegang peranan penting untuk bisa mendapatkan calon pelanggan baru. Semakin banyak orang yang menunjungi website anda, semakin besar anda mendapatkan pelanggan baru. Selama ini, teknik SEO (Search Engine Optimization) selalu diandalkan untuk mendapatkan pengunjung website. Namun, tahukah anda bahwa dengan update algoritma Panda dan Penguin dari Google, semua cara memperbaiki SEO yang anda ketahui selama ini hampir semuanya tidak berfungsi lagi? GooglePanda Selama ini, tips meningkatkan SEO biasanya berkutat sekitar memperbanyak backlinks. Tidak salah memang, namun apabila anda masih memakai teknik lama yang mementingkan jumlah backlink, maka anda benar-benar berada di jalur yang salah. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki SEO secara natural:

Membuat Guest Posting

Menulis artikel untuk website orang lain juga bisa memberi kita keuntungan yang besar. Tidak hanya kita akan mempunyai backlink baru yang kuat, ada kemungkinan juga pembaca artikel tersebut akhirnya suka dengan tulisan kita dan mengunjungi website kita yang asli. Guest posting intinya tentang hubungan yang anda bangun dengan website lain serta pembacanya. Berusahalah menawarkan konten terbaik anda untuk website yang sudah terkenal dan mempunyai banyak pembaca.

Membuat Infografik

Penelitian di bidang digital media mengatakan bahwa akhir-akhir ini orang lebih sering mengeshare infografik daripada gambar atau artikel biasa. Sebuah data dan grafik tentang sebuah bidang yang anda kemas secara menarik dalam infografik akan membuat orang-orang mengeshare nya dan memberi anda backlink yang bagus secara gratis. Untuk mengetahui apakah infografik buatan anda menarik atau tidak, ada sebuah tips sederhana yang bisa dipraktekkan. Sebelum memposting infografik, tanyalah pada diri anda sendiri, apakah anda akan mengeshare infografik tersebut pada teman anda? Kalau jawabannya tidak, ada baiknya anda memperbaiki infografik tersebut.

Membuat Konten yang Viral

Cara memperbaiki SEO secara natural yang paling efektif adalah membuat konten yang viral. Semakin berguna konten anda, semakin orang ingin mengeshare hal tersebut. Anda bisa mencoba menganalisa konten-konten yang viral dari kompetitor anda dan coba temukan apa kuncinya. Gunakan formula tersebut untuk membuat konten viral. Terkadang, hal yang sederhana seperti meliput trend terkini atau malah konten yang menghibur sudah cukup untuk menjadi viral.

Menganalisa Link Kompetitor

Gunakanlah alat seperti Majestic SEO atau Open Site Explorer dari SEOmoz untuk menganalisa backlink yang dipunyai oleh kompetitor. Lihatlah kalau memang ada backlink yang bernilai tinggi, tidak ada salahnya meniru kompetitor. Memiliki backlink seindustri akan sangat menguntungkan bagi anda.

Nah Sobat Studentpreneur, beberapa hal di atas adalah cara-cara untuk memperbaiki SEO anda. Apakah anda mempunyai tips-tips SEO lainnya yang berguna untuk kita semua? Silahkan share tips anda di comment di bawah ini. šŸ™‚




  • Hafizhhh

    backlink memang cara lama, untuk menghindari terjadinya SPAM buatlah backlink di web yang pagerank’a lebih dari 2… šŸ™‚