Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Membuat Instagram Sebagai Bisnis Online


Sosial media Instagram mulai populer belakangan ini. Bagaimana cara membuat instagram sebagai pendukung bisnis online Anda?

Jika kalian adalah pengguna aktif sosial media, entah itu Facebook, Twitter atau Instagram. Pasti menemukan akun-akun atau fan pages yang berjualan atau digunakan untuk bisnis. Nah, ada beberapa karakter sosial media yang bisa digunakan untuk berbisnis. Sekarang kami akan membahas bagaimana membuat Instagram sebagai media bisnis online.

Instagram sangat bagus untuk digunakan bisnis, apapun bisnisnya. Pertama, jika Anda yang tidak tahu Instagram, Instagram adalah media sosial yang berbasis foto. Jadi Anda dapat menshare foto-foto lalu memberikan caption. Sudah terbayang kan bagaimana Instagram sebagai bisnis online. Jadi yang bisa Anda lakukan adalah, Anda bisa memposting foto-foto produk Anda ditambahkan caption agar calon pelanggan Anda semakin mengerti.

Mari kita simak bagaimana cara membuat Instagram sebagai bisnis online.

 

Membuat username

Ini yang biasanya jarang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis. Username dalam sebuah bisnis khususnya di sosial media adalah hal yang sangat penting. Pertama, calon pelanggan akan mencari nama bisnis Anda melalui username, ketika username Anda tidak bersahabat maka itu akan menjadi kesulitan tersendiri bagi pelanggan untuk mengingat.

Contoh, nama bisnis Anda adalah “Kuliner Bakso Pedas”, tetapi Anda memilih username “BaksoGaulBanget”. Tentu itu tidak mendukung bagi pelanggan Anda untuk menghapal. Pilihlah username yang bersahabat, mislanya “BaksoPedas” atau “KulinerBaksoPedas”.

 

Isi profile Anda sejelas-jelasnya

Hal kedua setelah Anda mendaftar dan memilih username adalah, mengisi profile Instagram Anda dengan sejelas-jelasnya, Pertama foto profile harus jelas, Anda bisa memasang logo bisnis Anda. Kemudian tulis informasi secara singkat tetapi jelas diprofile Anda. Misalnya bisnis Anda ini bergerak di bidang apa. Lalu tuliskan juga alamat, nomor telp dan link website Anda.

Yang perlu juga adalah, Anda bisa menulis promo-promo bisnis di profile Instagram Anda. Karena beberapa calon pelanggan pertama kali akan membuka profile Anda. Jadi Anda harus memanfaatkan momen ini untuk promosi sedikit.

 

Ikuti akun Instagram yang bermanfaat

Tidak ada salahnya Anda mengikuti akun Instagram pesaing. Ini dapat digunakan untuk mengatur strategi, sedang berbuat apa pesaing kalian. Lalu Anda harus mengikuti akun Instagram yang berguna dan memudahkan Anda untuk mendapatkan inspirasi. Dan yang terpenting juga adalah, jangan ragu untuk memfolow calon pelanggan Anda. Ini adalah promosi secara cuma-cuma, pelanggan Anda akan melihat akun Instagram Anda dan produk-produk Anda.

 

Setelah itu upload foto Anda terbaik

Setelah semuanya selesai, saatnya Anda mengeluarkan jurus Anda, yaitu keluarkan foto terbaik Anda. Pertama Anda harus mempromosikan semua produk Anda. Misalnya Anda mempunyai 10 produk, jadi Anda juga harus memposting gambar 10 produk Anda. Dan usahakan, Anda tidak main-main untuk mengambil gambar setiap produk Anda.

Misalnya Anda tidak mempunyai kemampuan fotografi yang bagus, jangan ragu untuk mencari referensi atau belajar bagaimana teknik mengambil foto yang baik. Usahakan, foto produk yang Anda tampilkan di Instagram Anda ini bisa terlihat sempurna.

 

Jangan terlalu banyak effect

Dalam mengedit foto, jangan sampai foto Anda terlihat berlebihan. Misalnya Anda menambah bingkai-bingkai yang terlalu ramai, atau menambahkan asesoris seperti bunga-bunga. Usahakan foto tetap terlihat natural, agar calon pelanggan dapat membandingkan foto produk Anda di Instagram dan di aslinya. Beberapa kasus bisnis online di Instagram adalah, foto yang ada di akun Instagram berbeda dengan aslinya, inilah yang harus Anda hindari.

 

Tunjukkan deskripsi yang lengkap pada setiap foto

Di Instagram, setiap postingan foto Anda usahakan selalu menyertakan informasi produk yang sangat detail dan jelas. Dan jika bisa, Anda membuat calon pelanggan Anda di Instagram tidak perlu bertanya kembali. Lalu jangan lupa beri keunggulan produk Anda didalam deskripsi. Misalnya Anda adalah bisnis kuliner, jadi Anda bisa memposting produk Anda, lengkap dengan deskripsinya. Bagaimana cara membeli, detail produk dan promo-promo lain.

 

Gunakan kekuatan hashtag atau tanda pagar (#)

Didalam Instagram, Anda akan melihat banyak sekali hashtag atau tanda pagar bertebaran. Sebenarnya ini adalah sistem pencarian yang sangat ampuh di Instagram. Sekarang buka aplikasi Instagram Anda, lalu search dengan nama “bakso”, maka akan keluar beberapa bisnis yang menjual bakso atau informasi tentang bakso. Ini yang harus Anda manfaatkan, tambahkan #forsale #dijual atau hashgtag lain yang berkaitan dengan produk Anda.

 

Jangan ragu tunjukkan dibalik layar

Tips berjualan di Instagram berikutnya adalah jangan ragu tunjukkan foto dibalik layar. Percayalah, calon pelanggan akan senang melihat foto dibalik layar. Bagaimana Anda menciptakan produk Anda dan bagaimana bisnis Anda bisa berjalan. Calon pelanggan juga membutuhkan informasi bagaimana produk Anda ini dibuat. Berikan foto-foto candid ketika Anda sedang membuat produk atau siapa saja yang ada dibalik layar bisnis Anda.

instagram

Yang terakhir adalah konsisten

Dalam membuat instagram atau bisnis lain adalah bagaimana Anda bisa konsisten. Sosial media adalah bagaimana Anda bisa konsisten posting dan bersabar dalam mendapatkan pelanggan. Dan yang perlu Anda butuhkan adalah, konsistensi. Bagaimana Anda bisa memposting secara regular dan membalas segala pertanyaan yang diberikan oleh calon pelanggan.

Selain itu, promosi juga sangat dibutuhkan. Mulai dari promosi dari mulut ke mulut sampai promosi dari media lain. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jason]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Road to Funding: Tetap Fokus di Misi dan Produk

Anda Bodoh Kalau Takut Ide Bisnis Anda Dicuri

Kisah Buruh Pabrik yang Berhasil Jadi Salah Satu Orang Terkaya Hongkong

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Cara Membuat Instagram Sebagai Bisnis Online
Author
Description
Sosial media Instagram mulai populer belakangan ini. Bagaimana cara membuat instagram sebagai pendukung bisnis online Anda?