Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Budidaya Anggrek yang Mampu Menjadikan Anda Seorang Jutawan


Bunga Anggrek digemari oleh banyak orang dan menjadikannya sangat laris di pasaran. Simak tips berbisnis bunga anggrek berikut ini.

Setelah Anda mengetahui bagaimana prospek bisnis dari budidaya anggrek, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara budidaya anggrek. Sebenarnya cara budidaya anggrek cukup mudah, relatif sama dengan merawat atau budidaya tanaman hias lainnya. Khusus anggrek, Anda harus pintar-pintar memilih jenis anggrek yang akan ditanam. Karena jika Anda salah dalam memiih jenis anggrek, maka Anda bisa mendapat kerugian karena gagal panen atau tidak laku. Mari kita simak cara budidaya anggrek dibawah ini.

 

Pemilihan bibit anggrek

Dalam pemilihan bibit anggrek, Anda harus benar-benar pintar memilih. Jika Anda merupakan pemula di bidang ini, Anda dapat memilih spesies anggrek, misalnya anggrek bulan. Anggrek bulan sangat cocok ditanam di Indonesia karena anggrek ini tahan sinar matahari. Jika Anda sudah menguasai cara budidaya anggrek, Anda bisa menggabungkan spesies anggrek yang ditanam. Anda bisa menanam bibit anggrek seperti anggrek tebu, anggrek paphiopedilun atau anggrek larat. Setiap jenis anggrek yang unik akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk awal-awal, Anda juga tidak perlu membeli bibit dari bunga anggrek. Anda bisa membeli bibit yang sudah tumbuh besar, setelah mengetahui bagaimana cara budidaya anggrek dengan baik, Anda bisa belajar bagaimana budidaya anggrek dimulai dari benih. Dalam penyebaran bibit anggrek, yang harus Anda lakukan adalah mensterilkan bibit, penyebaran bibit dan penyemaian.

 

Lalu Anda harus memilih pengolahan media tanam

Anda harus bisa membedakan sifat setiap anggrek, yaitu ada anggrek yang menempel di pohon lain dan anggrek yang bisa hidup ditanah. Anggrek yang menempel di pohon lain adalah anggrek ephytis, anggrek ini akan mencari makanan sendiri untuk berkembang. Anda tinggal memberinya air setiap hari atau untuk berada di kawasan tropis Anda bisa memberi air dua hari sekali.

anggrek

Pemeliharaan dan perawatan

Pada waktu berada di dalam botol sewaktu pembibitan, Anda harus memindahkan botol kedalam pot-pot untuk melakukan penyiangan. Setelah itu yang harus melakukan pemupukan. Pemupukan penting dilakukan untuk menghindari anggrek dari hama atau penyakit tanaman. Anda dapat melakukan pemupukan setiap seminggu sekali.

Setelah itu penyiraman, Anda harus melakukan penyiraman anggrek setiap hari. Tergantung bagaimana kondisi cuaca disekitar perkebunan anggrek. Jika cuaca sangat panas Anda bisa mengairi anggrek yang masih muda sehari dua kali, dan jika cuaca lembab bisa sehari sekali. Anda harus benar-benar memperhatikan cara mengairi anggrek, karena beberapa anggrek jika terlalu banyak air akan sulit berbunga. Untuk anggrek dewasa, Anda bisa mengairi 3 sampai 4 hari pada saat musim kemarau atau 5 sampai 7 hari sekali untuk musim hujan.

 

Saatnya panen

Anggrek dewasa biasanya akan berbunga mulai 1 sampai 2 bulan setelah penanaman. Setiap pot biasanya memiliki 2 tangkai, dimana setiap tangkai ada 20 sampai 25 kuntum bunga. Untuk penjualan anggrek potong, Anda bisa memotong 2 cm dari pangkal tangkai bunga. Untuk penjualan per pot bunga, Anda bisa menjualnya ketika sedang berbunga atau sudah dewasa.

 

Dan penjualan

Penjualan anggrek dibagi menjadi 3, Anda bisa menjual bibit, anggrek ketika sedah tumbuh atau anggrek sedang berbunga. Masing-masing memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung juga spesies dari anggreknya. Untuk bibit harganya berkisar 40 ribu rupiah, untuk anggrek yang tidak berbunga berkisar harga 40 ribu sampai 50 ribu. Untuk angrek berbunga bisa seharga 60 ribu sampai 70 ribu.

 

Nah sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui cara budidaya anggrek. Bagaimana menurut Anda? Silakan tulis komentar positif Anda melalui kolom dibawah ini. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Rene]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan

Rela Dibayar Sampah, Dokter Muda Ini Raih Kesuksesan Besar

Masih Kuliah, Anak Muda Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Cara Budidaya Anggrek yang Mampu Menjadikan Anda Seorang Jutawan
Author
Description
Bunga Anggrek digemari oleh banyak orang dan menjadikannya sangat laris di pasaran. Simak tips berbisnis bunga anggrek berikut ini.