Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia teknologi

Bos Klub Liga Inggris Asal Malaysia Ini Tidak Tamat Sekolah


Klub Liga Inggris Cardiff City Ternyata Dimiliki Oleh Vincent Tan, Bos Asal Malaysia yang Ternyata Tidak Tamat Sekolah.

Jika Anda penggemar liga Inggris, pasti tidak asing dengan nama Vincent Tan. Bukan pemain sepakbola, tetapi Vicent Tan merupakan pemilik dari klub Cardiff City FC. Tetapi sayang Cardiff City hanya bertahan satu musim di Premier League yang merupakan kasta tertinggi dari liga Inggris. Vincent Tan merupakan orang terkaya di Malaysia nomor 10 dengan kekayaan hampir 1.6 miliar dollar atau 16 triliun rupiah. Usaha dari Tan adalah menjadi pendiri dari Berjaya Group sebuah perusahaan properti, pemilik Sports Toto dan pemilik franchise McDonalds di Malaysia.

 

Tidak tamat sekolah

Vincent Tan tampaknya tidak senang sekolah, Tan keluar sekolah pada umur 16 tahun. Setelah itu Tan menjadi pegawai bank. Tan sangat bersemangat dalam berbisnis, Tan belajar asuransi saat menjadi pegawai bank. Pada tahun 60an, Tan bekerja pada perusahaan asuransi dan mendapatkan proyek dari American International Insurance. Pada saat itu umur Tan baru 21 tahun. Lalu pada tahun 70an, Tan memutuskan untuk membuat perusahaan asuransi sendiri, dia bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar diantaranya Tokyo Marine & Fire Insurance.

Lalu Tan mulai terkenal di Malaysia setelah pada tahun 1981, Tan memenangkan tender franchise McDonalds. Setelah itu McDonalds sangat berkembang di Malaysia. Apalagi Vincent Tan menjalin hubungan baik dengan perdana menteri Malaysia saat itu yaitu Mahathir Mohamad.

 

Membangun Berjaya Group

Berjaya Group lahir pada tahun 1980, pada saat itu namanya adalah Berjaya Industrial Berhad yang mengalami kesulitan finansial dan akhirnya diakusisi oleh Vincent Tan pada tahun 1984. Setelah itu Berjaya Group benar-benar berjaya di Malaysia, mereka membuat beberapa real estate, sekolah sampai universitas, otomotif dan sebagainya. Sampai sekarang karyawan dari Berjaya Group sampai 16ribu karyawan. Tetapi pada tahun 2012 kemarin, Vincent Tan sudah mundur dari Berjaya Group dan menyerahkan kursi direksi ke anaknya Robin Tan.

cardiff-city

Membeli Cardiff City

Pada tahun 2010, Vincent Tan membeli saham Cardiff City dengan konsorsium Malaysia sebesar 30%. Pada tahun 2012, Vincent Tan dan konsorsiumnya berjanji akan membuat stadion dan tempat latihan sebesar 100 juta pounds. Tan juga tidak tanggung-tanggung dalam berinvestasi, Tan merubah warna kebesaran dari Cardiff City yang awalnya berwarna biru menjadi merah. Dan pada tahun 2014, Tan membeli saham Cardiff City sebesar 90%.

Akhirnya pada tahun 2013, Cardiff City promosi ke Premier League yang membuat Tan terkenal di dunia. Selain Cardiff City, Tan juga membeli klub Bosnia yaitu FK Sarajevo. FK Sarajevo ini adalah klub papan atas dari liga Bosnia, berbeda dengan Cardiff City. Yang unik adalah ketika Sarajevo terkena bencana banjir, akhirnya Tan menyumbang 255ribu pounds kepada rumah sakit di Sarajevo.

Nah Sobat Studentpreneur sekarang mengetahui kisah Vincent Tan. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Wonker]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan

Rela Dibayar Sampah, Dokter Muda Ini Raih Kesuksesan Besar

Masih Kuliah, Anak Muda Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Bos Klub Liga Inggris Asal Malaysia Ini Tidak Tamat Sekolah
Author
Description
Klub Liga Inggris Cardiff City Ternyata Dimiliki Oleh Vincent Tan, Bos Asal Malaysia yang Ternyata Tidak Tamat Sekolah.