Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Inovator teknologi

Blogger Ini Sukses Besar dengan Bergosip Tentang Artis


Kalau Anda Bisa Menggabungkan Hobi Gosip, dan Sedikit Kemampuan Blogging, Anda Mungkin Bisa Sesukses Perez Hilton.

Anda mungkin tidak kenal dengan Mario Avando Lavandeira, Jr. Namun Anda mungkin mengenal nama bekennya Perez Hilton. Blog super populer miliknya yang berisi sindiran-sindiran kasar yang menyasar langsung ke selebritis-selebritis Hollywood berhasil mengantarkannya ke dalam lampu sorot, yang bahkan tidak pernah ia dapatkan sebagai artis. Meskipun menuai banyak kontroversi, akan tetapi dari Mario kita bisa menarik banyak pelajaran tentang apa-apa yang bisa dilakukan sebuah blog untuk mewujudkan impian Anda.

 

Bad press is press

Mario memang menuai banyak cibiran, bahkan pada 2005, websitenya sempat dinobatkan sebagai website paling dibenci di Hollywood. Akan tetapi, ia membuktikan bahwa publisitas negatif, tetaplah publisitas. Blog Mario justru semakin banyak menarik rasa penasaran. Pada masa jayanya, ia berhasil menarik kunjungan sebesar 4,5 juta hits dan 1,7 juta kunjungan unik sebulan.

“Apa yang ia lakukan adalah membawa tabloid ke internet dengan cara yang tidak pernah dilakukan,” kata Rosie O’Donnel. “Dia memiliki salah satu blog yang paling banyak dikunjungi di dunia.”

perez-hilton

Memulai dengan sederhana

Perez Hilton dimulai pada tahun 2004. Pada waktu itu, ia bahkan tidak punya koneksi internet. Sehari-hari, ia menulis dengan nongkrong di outlet Coffee Bean & Tea Leaf. Inilah yang ia sebut sebagai kantor. Katanya, sampai sekarang ia masih rutin menulis disana.

Mario adalah sarjana lulusan New York University. Begitu lulus, ia mencoba peruntungannya untuk jadi seorang aktor. Namun percobaan itu tampaknya gagal. Kemudian ia mencoba peruntungannya di dunia blog karena menurutnya, ‘kelihatannya ngeblog itu mudah’.

“Yang membedakan Perez Hilton dengan kebanyakan blog saya sebelumnya adalah, blog saya sebelumnya cuma berupa jurnal online dan diary. Itu semua tidak pernah menarik saya. Saya ingin membicarakan tentang selebriti karena mereka lebih menarik.”

Mario memilih nama Perez Hilton karena ia mengaku mengidolakan Paris Hilton, sebagai seorang seleb yang sukses mengubah namanya menjadi brand bernilai miliaran dolar.

“Saya pikir orang-orang tidak memberikan cukup apresiasi untuk apa yang ia [Paris] lakukan.” Kata Mario. “Dia mampu mengubah namanya sendiri ke dalam sebuan brand multi milyaran setahun. Siapa yang tidak menginginkannya?”

Dan seperti halnya Paris, Mario berharap untuk mengubah namanya menjadi brand bernilai miliaran dolar.

 

Membentuk dunia sesuai kemauannya

Ketika Anda pegang media, maka Anda punya kekuasaan untuk membentuk opini dan menyebarkan propaganda. Dalam hal ini, Mario memang terkenal subyektif. Ia memanfaatkan kekuatan ini demi kepentingannya. Ia membesar-besarkan masalah bagi banyak selebriti yang ia benci dan seringkali ‘berpura-pura tidak tahu’ soal skandal selebriti yang disukainya. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya jelek. Mika, seorang penyanyi London sekaligus sahabat Mario, sempat sukses menembus pasar Amerika Serikat hanya karena Mario memasang kategori Listen to This di Perez Hilton.

Setidaknya itulah gambaran tentang kekuatan ‘mengerikan’ yang bisa Anda miliki, hanya dengan sebuah blog populer. Jadi Sobat Studentpreneur, bagaimana dengan blog Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Oscar]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Anak Muda Terkaya di Amerika Hidup Sederhana

Ingin Punya Karyawan

Tiga Anak Muda Keren Bos Perusahaan Desain Besar

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Blogger Ini Sukses Besar dengan Bergosip Tentang Artis
Author
Description
Kalau Anda Bisa Menggabungkan Hobi Gosip, dan Sedikit Kemampuan Blogging, Anda Mungkin Bisa Sesukses Perez Hilton.