Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Motivasi

Bikin Perusahaan Sejak Umur 12, Sekarang Umur 16 Ciptakan 3D Printer Sendiri


Walaupun usianya masih 12 tahun, bocah ini mengguncang dunia karena kesuksesannya dalam menjalankan perusahaan berbasis game.

Thomas Suarez sekarang berumur 16 tahun, mungkin sudah banyak developer yang seumuran dan sudah mengeluarkan aplikasi. Tetapi Thomas Suarez bukan mengawali menjadi developer pada umur 16 tahun, dia sudah menjadi developer sejak umur 12 tahun!

Ya, Thomas Suarez ini sudah terkenal sejak umur 12 tahun ketika membuat aplikasi Apple berjudul Bustin Jieber – aplikasi yang bisa dengan puas memukul wajah Justin Bieber. Aplikasi tersebut kemudian sangat laris di iTunes. Selain Bustin Jieber, Suarez membuat aplikasi Earth Fortune yaitu aplikasi yang bisa “mewarnai” bumi sesuai keinginan kita. Sungguh sederhana, polos khas anak kecil. Tidak hanya membuat dua aplikasi yang terkenal di iTunes, tetapi juga membuat perusahaan startup yaitu CarrotCorp.

 

Kebanyakan memainkan game, Suarez membuatnya

Suarez mengatakan, disaat usianya 12 tahun, “Anak jaman sekarang yang bermain games, tetapi mereka tidak tahu cara membuatnya”. Itu sangat wajar, karena memang anak kecil tidak mendapat pelajaran bagaimana cara membuat game, padahal tidak sedikit anak yang bercita-cita ingin membuat game. Maka dari itu Suarez membuat game, tetapi tidak sekedar membuat game. Suarez terinsprasi Steve Jobs yang ketika sekolah membuat App Club. App Club buatan Steve Jobs ini berisi anak sekolah yang tertarik membuat aplikasi.

Suarez pun demikian, dia ingin membuat App Club yang sama di sekolahnya untuk mengakomodir rekan sejawatnya yang tertarik menjadi developer. Dengan visi seperti itu, pada tahun 2011 Suarez pun diundang menjadi pembicara di TED. TED adalah singkatan dari Technology, Entertainment, Design yang merupakan konferensi berisi orang-orang science dan teknologi.

 

Sekarang kembangkan 3D Printer tercepat

Setelah tampil di TED, Suarez seperti terlihat “vakum” di dunia startup. Ternyata selama 4 tahun ini, selain melanjutkan sekolahnya, Suarez mengembangkan 3D Printer yang diyakininya 10 kali lebih cepat daripada yang dijual dipasaran.

“Saya bilang kepada ayah saya tentang penemuan ini, dia langsung tidak percaya. Tetapi kenyataannya, saya telah membuatnya”

Memang printer buatannya belum diperkenalkan secara publik karena harus ada perubahan sana-sini. Rencananya dalam beberapa bulan depan Suarez siap mengguncang publik Amerika Serikat seperti yang dilakukannya pada tahun 2011 kemarin. Sekarang Suarez sudah mempersiapkan untuk membuat patent untuk printer 3D-nya tersebut.

 

Inspirasi bagi anak muda

Suarez adalah contoh kecil dari anak-anak yang usianya sangat muda tetapi sudah mahir dalam urusan developer game. Suarez ketika membuat game Bustin Jieber, usianya masih 12 tahun dan bahkan belum cukup umur untuk membuat akun Facebook. Suarez pun mengkritik keras sistem pendidikan di Amerika Serikat yang tidak mengakomodir tipe-tipe seperti Suarez, developer.

“Ada banyak anak-anak yang sama dengan saya ingin belajar programming, tetapi tidak ada sekolah untuk itu”

thomas-suarez

Maka dari itu Suarez tidak menyalahkan beberapa anak yang sering dirumah dibandingkan main didalam rumah, karena mereka ingin mempelajari sesuatu yang tidak bisa diajarkan disekolahan. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Youtube]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Founder Story: Dari Cinta Jadi Bisnis Besar

Dinasti Keluarga Pemilik Fiat, Ferrari, dan Klub Bola Juventus

Dikeluarkan Dari Sekolah Kedokteran, Pria Ini Jadi Desainer Fashion Terbaik Dunia

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Bikin Perusahaan Sejak Umur 12, Sekarang Umur 16 Ciptakan 3D Printer Sendiri
Author
Description
Walaupun usianya masih 12 tahun, bocah ini mengguncang dunia karena kesuksesannya dalam menjalankan perusahaan berbasis game.



  • Lilin

    Masih pelajar? Pengen punya penghasilan sendiri? Pengen beli sesuatu tapi ga punya uang? Join reseller kita aja, kamu bisa buat uang 100k jadi berjuta juta. Kerjanya cuma duduk2 sama copas link, ga usah capek2, minat? Add @own0152y