Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pengusaha Ini Sukses Jadi Miliarder Tiongkok


Inilah kisah sukses pengusaha peralatan rumah tangga dari Tiongkok yang hanya bermodalkan 10 juta rupiah.

He Xiangjian adalah orang terkaya nomor 9 di Tiongkok, Anda ingin tahu usahanya seperti apa? Simak kisahnya berikut ini. He Xiangjian adalah seorang pebisnis yang bergelut di dunia perabotan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, AC dan lain-lain. Seperti orang terkaya dari Tiongkok lainnya, perusahaan yang didirikan oleh He Xiangjian mampu mendominasi pasar Tiongkok yang dihuni sekitar 1,4 miliar jiwa dan juga mampu bersaing diluar Tiongkok. Sejatinya, He Xiangjian adalah pendiri dari Mideo. Di Indonesia mungkin nama Mideo kurang familiar, tetapi di Tiongkok Mideo sangat mendominasi, seperti halnya Samsung dan LG di Korea Selatan.

 

Hanya dengan modal 5000 yuan

Siapa sangka, ternyata He Xiangjian mendirikan Mideo Group hanya dengan modal 5000 yuan atau jika dirupiahkan sekitar 10 juta rupiah diwaktu itu. Bersama 20 rekan kerjanya, dia membuat pabrik kemasan plastik kecil dan spare part mobil di Shunde, Tiongkok pada tahun 1968. Bukan berarti hanya dengan modal sedikit dan tekad yang kuat, He Xiangjian langsung mendapatkan kesuksesan. Selama 10 tahun, Xiang harus bekerja gitu-gitu aja. Pada tahun 1980, dia baru memulai melebarkan sayap dari pabrik kemasan ke peralatan elektronik rumah tangga. Jadi dia membutuhkan waktu sekitar 12 tahun untuk mendapatkan ide yang mengantarkan dirinya seperti sekarang.

Baru pada tahun 1980 itu, dia menemukan bisnis yang tepat. Produk baru yang dikembangkannya yaitu kipas angin dan mendapatkan penjualan yang cukup banyak. Lalu, 5 tahun kemudian dia mendapatkan ide untuk mengembangkan AC. Bahkan sampai sekarang, AC merupakan produk andalan dari Mideo.

 

Mempunyai manajemen yang sangat bagus

Sekedar informasi, Mideo mepunyai sekitar 138 ribu karyawan di seluruh dunia dan tentunya bukan perkara mudah untuk menyatukan visi dengan jumlah karyawan sebanyak itu diseluruh dunia. Maka dari itu, standard yang diciptakan oleh He Xiangjian sangat tinggi. Setiap manajer yang membawahi ratusan karyawan harus berumur dibawah 36 tahun. Hal ini bertujuan untuk menciptakan etos kerja yang bagus. Bahkan dibeberapa wawancara, He Xiangjian mengatakan bahwa kesuksesannya adalah berasal dari sumber daya manusia yang dimilikinya. Bahkan, sekarang He Xangjian telah mundur dari pimpinan Mideo karena sadar bahwa dirinya sudah terlalu tua untuk memimpin perusahaan. Diluar kebiasaan para pemimpin perusahaan, sekarang He Xiangjian mempercayakan pucuk pimpinan kepada yang bukan anggota keluarganya. Padahal, di Tiongkok sendiri sangat kental dengan aroma perusahaan keluarga.

He-Xiangjian

Sukses di Tiongkok dan sukses di luar Tiongkok

Seperti yang dilakukan oleh orang terkaya lain, ketika sudah menguasai pasar domestik, akan dengan mudah mendapatkan pasar di luar Tiongkok. Kenapa? Karena penduduk Tiongkok sangat banyak. Setelah sukses mendominasi pasar di Tiongkok, Mideo mulai memasuki pasar global. Tetapi itu dilakukan Mideo baru-baru ini. Baru di ahir tahun 90an, Mideo mulai memasuki pasar Korea Selatan. Pada saat itu ekspor dari Mideo cukup kecil karena merupakan pasar yang baru. Baru pada awal tahun 2000, Mideo mulai masuk kepasar Asia Tenggara. Bahkan tahun 2007 kemarin, Mideo membuka pabrik di Vietnam. Sekarang kekayaan dari He Xiangjian adalah 6.7 miliar dolar.
Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Rare]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

10 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Raja Chatting Jadi Orang Terkaya Ketiga di Tiongkok

Inilah Orang-Orang Super Kaya Berkat Video Game

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Bermodal 10 Juta Rupiah, Pengusaha Ini Sukses Jadi Miliarder Tiongkok
Author
Description
Inilah kisah sukses pengusaha peralatan rumah tangga dari Tiongkok yang hanya bermodalkan 10 juta rupiah.