Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membuat Iklan


Membuat Iklan Penjualan Sangat Penting Bagi Kemajuan Bisnis. Inilah Cara-Cara Membuat Iklan yang Harus Anda Perhatikan Dengan Baik.

Ketika usaha Anda sudah besar atau sedang mulai berkembang, ada baiknya Anda memikirkan untuk ‘menjual’ usaha atau produk Anda. Menjual disini berarti Anda harus benar-benar serius dalam memasarkan, khususnya dalam urusan marketing. Ketika Anda mempunyai dana yang lebih dalam marketing, Anda harus mempertimbangkan untuk beriklan, kenapa beriklan?

Walaupun usaha Anda sudah maju atau mulai dikenal orang, iklan adalah sarana yang tepat untuk memberi aware kepada masyarakat agar terus mengetahui bahwa usaha atau produk Anda masih ada. Selain itu Anda bisa memperkenalkan produk baru atau promo dari usaha Anda. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk memasang iklan. Coba simak hal yang perlu dilihat dalam memasang iklan.

 

Jangan ikut pasaran

Anda pernah lihat iklan asuransi? Ada orang tua yang duduk sedang bermain dengan cucunya, atau iklan pesawat terbang yang menonjolkan pramugari yang sangat cantik sedang menyambut penumpang. Usahakan jangan mengikut iklan yang banyak muncul dipasaran. Masyarakat yang melihat akan merasa Anda malas dalam membuat konsep atau ide iklan. Anda harus memikirkan iklan yang out of the box.

 

Jadilah anti-mainstream

Buatlah ide yang gila untuk produk atau usaha Anda. Ketika Anda butuh inspirasi untuk membuat iklan, Anda pasti langsung browsing iklan, Disitu Anda akan mendapat kecenderungan membuat iklan yang sama. Anda harus mencegah membuat iklan yang sama. Kalau perlu, Anda bisa membuati iklan yang gila, yang tidak terpikirkan oleh masyarakat. Misalnya usaha Anda adalah kuliner, buat iklan quote bahwa makanan Anda tidak menyebabkan kegemukan.

billboard-ads

Belajar dari pengalaman

Belajarlah dari pengalaman bahwa banyak iklan-iklan yang gagal dipasaran. Tidak hanya gagal, banyak juga iklan yang sangat menarik perhatian dan sukses dipasaran. Anda harus belajar dari dua hal diatas tersebut. Ambil poin-poin mengapa iklan tersebut bisa gagal atau kenapa iklan tersebut sukses dipasaran.

 

Tonjolkan keunggulan produk Anda

Ini yang paling penting, dalam iklan tersebut Anda harus menonjolkan apa yang terbaik dari produk Anda. Apa yang sebenarnya usaha Anda bisa tawarkan. Anda tidak perlu menunjukkan apa sebenarnya produk Anda, tapi buat masyarakat penasaran dan mencari tahu sendiri apa sebenarnya produk Anda itu. Contohnya adalah iklan pasta gigi yang menunjukkan gigi kuat, itu sangat menarik bahkan pasta gigi tersebut tidak perlu menunjukan produknya.

 

Perhatikan detail

Sebelum Anda membuat iklan, Anda harus memutuskan iklan mana yang Anda ingin tuju. Iklan media cetak, iklan radio atau banner. Setelah memutuskan membuat iklan, Anda harus benar-benar memperhatikan detail. Mulai dari font, desain, gambar dan lain-lain. Karena ongkos membuat iklan tidak murah, Anda tentu tidak mau terjadi kesalah bukan. Sebelum naik cetak, Anda harus melihat dan mereview lagi dengan jeli.

Sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan apa yang perlu dilihat sebelum membuat iklan. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jim]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pemuda Ini Raup Keuntungan Puluhan Juta Rupiah Dari Berbisnis Sushi

Meraup Rezeki Ratusan Juta Rupiah Dari Berbisnis Anggrek

Bisnis Donor Darah Antar Pemuda Ini Sukses Besar

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membuat Iklan
Author
Description
Membuat Iklan Penjualan Sangat Penting Bagi Kemajuan Bisnis. Inilah Cara-Cara Membuat Iklan yang Harus Anda Perhatikan Dengan Baik.