Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Anak Perdana Menteri Malaysia Jadi Raja Minyak


Anak Dari Mahathir Mohamad Kini Menjadi Raja Minyak Malaysia.

Kalau mendengar nama Mahathir, mungkin Anda langsung teringat perdana menteri Malaysia, yaitu Mahathir Mohamad. Ya, Mokhzani Mahathir merupakan anak kedua dari pasangan Dr. Mahathir Mohamad dan Dr. Siti Hasmah. Sekarang Mokhzani merupakan orang terkaya nomor 15 di Malaysia dengan kekayaan hampir 1.2 miliar dolar atau 12 triliun rupiah.  Sekarang Mokzhani merupakan pemilik dari perusahaan minyak SapuraKencana dan menjadi direktur dari sirkuit internasional Sepang.

 

Lulusan perminyakan Amerika

Lahir pada Januari tahun 1961, Mokhzani lahir dan dibesarkan oleh keluarga yang terhormat. Ayahnya yang merupakan perdana menteri paling lama dalam sejarah Malaysia, yaitu pada tahun 1981 sampai 2003. Mokhzani adalah lulusan Universitas Tusla, Oklahoma Amerika Serikat dan mendapat gelar Bachelor of Science in Petroleum. Setelah lulus dan kembali ke Malaysia, Mokzhani tidak langsung mendirikan perusahaan minyak, tetapi bekerja di Sarawak Shell Berhad. Tidak tanggung-tanggung, Mokzhani bekerja di pengeboran minyak lepas laut. Mokzhani harus berada berbulan-bulan bekerja di tengah lautan.

mokhzani-mahathir

Mendirikan Kencana Petroleum

Setelah bekerja di tengah lautan, Mokhzani akhirnya mendirikan perusahaan minyak sendiri, yaitu Kencana Petroleum. Pada waktu itu Kencana Petroleum tidak sebesar sekarang, Kencana Petroleum hanya produsen minyak bumi yang kecil. Tetapi karena strategi dan kepemimpinan dari Mokhzani, akhirnya Kencana Petroleum menjadi perusahaan minyak bumi yang disegani.

Dan pada tahun 2012, Kencana Petroleum bergabung dengan SapuraCrest. SapuraCrest merupakan perusahaan oli dan minyak terbesar di Malaysia. Nama perusahaan pun berubah menjadi SapuraKencana. Mobilitas SapuraKencana pun sampai ke seluruh Asia dan beberapa negara di Amerika.

 

Antara partai dan bayang-bayang Mahathir Mohamad

Mokhzani juga mengikuti jejak ayahnya menjadi politikus. Bersama sang kakak, Mukhriz Mahathir, Mokhzani sagat aktif di United Malays National Organisation (UMNO). UMNO merupakan salah satu partai yang besar di Malaysia. Tetapi pada tahun 2008, Mokzhani akhirnya keluar dari partai mengikuti jejak ayahnya. Tetapi kakaknya Mukhriz sampai sekarang masih menjadi politikus di UMNO. Menjadi politikus juga membuat Mokhzani mendapatkan banyak kenalan di seluruh dunia, selain ayahnya memang menjadi perdana menteri Malaysia.

Banyak yang mencibir kebesaran Mokhzani, banyak yang bilang bahwa Mokzhani terkenal karena ayahnya. Apalagi sekarang setelah Mokzhani bersama SapuraKencana sudah masuk kedalam daftar orang terkaya di Malaysia bahkan di Asia Tenggara. Padahal, Mokzhani sendiri membangun perusahaannya, dan memang belajar tentang minyak bumi. Ada rumor perusahaan minyak bumi milik Mukhriz dibantu oleh Mahathir dalam hal perijinan dan minyak bumi. Bahkan Mokhzani dituduh mencuri minyak dari Malaysia dan dijual sendiri. Padahal, SapuraKencana adalah membantu devisa Malaysia dan membuat harum nama Malaysia.

Nah Sobat Studentpreneur, sudah mengetahui kan bagaimana kiprah Mokhzani Mahathir. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Malaysia Kini]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan

Rela Dibayar Sampah, Dokter Muda Ini Raih Kesuksesan Besar

Masih Kuliah, Anak Muda Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Anak Perdana Menteri Malaysia Jadi Raja Minyak
Author
Description
Anak Dari Mahathir Mohamad Kini Menjadi Raja Minyak Malaysia.