Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Wanita Sukses

Alexa von Tobel, Ratu Asisten Keuangan Populer


Sudah cantik, pintar berbisnis, kaya dan pintar mengatur keuangan. Alexa Von Tobel adalah contoh yang pemimpin wanita yang diakui dunia.

Untuk yang belum tahu, Alexa merupakan pendiri dari LearnVest. Sebuah asisten finansial pribadi berbasis web atau mobile, gratis! Visi dari Alexa cukup sederhana, yaitu semua orang memiliki hak untuk mendapatkan jasa keuangan gratis. Kenapa gratis? Karena tidak semua orang dapat membayar untuk konsultasi keuangan, apalagi mempunyai asisten finansial sendiri. Pemikiran yang sangat sederhana bukan?

 

Semua orang berhak mendapatkan asisten finansial pribadi

Alexa mendapatkan ide untuk membuat LearnVest ketika melamar di Morgan Stanley, waktu itu dia hanya mempunyai ijazah jurusan psikologi Harvard. Morgan Stanley adalah perusahaan finansial, sehingga dia harus belajar finansial lagi karena finansial tidak ada kaitannya sama sekali dengan psikologi. Dan pada saat Alexa membaca buku finansial, kebanyakan buku tersebut ditulis oleh orang-orang yang sudah berumur dan bukan lulusan baru. Dari situlah dia mendapatkan ide untuk membuat LearnVest. Menjadi pakar finansial bukan berarti harus menjadi tua terlebih dahulu.

 

Kuliah finansial, tetapi langsung drop out

Setelah belajar finansial selama dua tahun di Morgan Stanley, pada tahun 2008 dia masuk Harvard Business Scholl pada tahun 2008. Tetapi karena merasa sia-sia, Alexa lebih memilih untuk mengembangkan LearnVest. Karena sadar dia tidak mempunyai modal, akhirnya mendaftarkan LearnVest untuk mengikuti kompetisi bisnis. Pada tahun 2009 dia berhasil mendapatkan investor untuk LearnVest, total pendanaan LeanVest pada saat itu adalah 1.1 juta dolar. Pada akhir 2009, akhirnya LearnVest diliuncurkan. Siapa sangka ternyata peminat dari LearnVest sangat banyak. Mereka mencoba fitur-fitur yang ternyata sangat membantu orang-orang yang ada di LearnVest.

 

LearnVest semuanya gratis!

Yang membuat orang bertanya-tanya adalah, dari mana keuntungan yang didapat jika website tersebut mempunyai fitur yang semuanya gratis. Ternyata Alexa hanya mengandalkan dari iklan dan pendanaan. Pada bulan pertama, sudah ada 100 ribu member yang terdaftar di LearnVest. Pada April tahun 2011, Alexa mendapatkan investasi sebesar 4.5 juta dolar dari Accel Partners. Dan bukan kebetulan, Accel Partners adalah yang juga menginvestasi Facebook untuk pertama kalinya. Ditambah ternyata Alexa juga tinggal di asrama yang sama yang pernah ditinggali oleh Mark Zuckerberg saat pertama kali membuat Facebook.

alexa-von-tobel

Sekarang, LearnVest terus memperbaiki fitur finansial yang ada disana. Sekarang baru ada 2 fitur, pertama fitur untuk mengatur keuangan, jadi Anda bisa berhemat. Misalnya Anda mempunyai penghasilan beberapa ratus dolar dalam sebulan, dengan LearnVest Anda bisa mengetahui  seharusnya pengeluaran harian sampai mingguan. Lalu fitur kedua adalah fitur planning. Jadi disini Anda bisa menghitung berapa tabungan Anda dan investasi yang baik itu seperti apa. Tetapi sayangnya, fitur ini masih hanya ada dalam hitungan dolar. Ingin membuat dengan fitur rupiah? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Courtney]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Alexa von Tobel, Ratu Asisten Keuangan Populer
Author
Description
Sudah cantik, pintar berbisnis, kaya dan pintar mengatur keuangan. Alexa Von Tobel adalah contoh yang pemimpin wanita yang diakui dunia.