Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

8 Startup yang Akan Menjadi Solusi Penyelesaian Masalah


Menyelesaikan masalah yang tampaknya kecil ternyata bisa membuat startup Anda menjadi besar dan berharga!

Menjadi entrepreneur adalah bagaimana kita bisa memecahkan masalah di sekitar kita. Bukan hanya mendapatkan keuntungan, lalu mempunyai rumah yang besar dan mobil yang banyak. Tetapi bagaimana kita bisa membantu masyarakat dengan ide bisnis kita.

Memang terlihat mudah memikirkan ide yang bagus, tetapi bagian yang paling sulit adalah bagaimana Anda bisa mengaplikasikan ide tersebut. Beberapa entrepreneur besar bukan hanya mempunyai ide yang bagus, tetapi juga pintar mengeksekusinya.

Sekarang kita akan melihat 8 startup di dunia yang berhasil memecahkan masalah. Masalah yang mereka pecahkan sangat besar dan sangat berpengaruh. Apa pengaruhnya? Para startup lain dapat mencontoh dan mendapatkan inspirasi untuk membuat hal yang sama dan mungkin menciptakan sesuatu yang lebih besar.

Anda kami ajak untuk melihat bagaimana ke 8 startup ini mempunyai masalah dan mereka dapat memecahkannya. Dulu ke 8 startup ini dulu adalah startup yang biasa dan mungkin tidak diperhitungkan, tetapi sekarang ke 8 startup ini mempunyai nilai perusahaan minimal 50 juta dolar. Bahkan Gigya, salah satu startup tersebut mempunyai nilai perusahaan 1 miliar dolar!

 

Import.io

Masalah:

Setiap website pasti mempunyai data, tetapi sangat membutuhkan waktu untuk mengumpulkannya. Misalnya Anda ingin melihat data lengkap dari website e-commerce. Anda harus menuliskan satu persatu data yang diinginkan. Padahal data dari setiap website sangat berharga untuk riset dan keperluan pengembangan website

Solusi:

Silahkan buka di import.io, Anda akan melihat tampilan website yang sangat sederhana tetapi begitu bermanfaat. Anda tinggal  masukkan website apa saja, Anda akan mendapatkan data yang Anda inginkan. Import.io ini diklaim dapat mengambil data apa saja, mulai data pribadi yang ada di website, populasi data sampai analisis komplet.

 

IFTTT (If This Then That)

Masalah:

Banyak perangkat sekarang yang terhubung dengan internet, tetapi tentu tidak bisa mengkoneksikan semua perangkat tersebut satu sama lain.

Solusi:

Banyak sekali perangkat yang terhubung di internet, contohnya smarthome. Mulai dari remote televisi, remote AC, perangkat musik sampai pintu otomatis. Nah, IFTTT ini membuat semua device tersebut akan terkoneksi. Pertama kali diluncurkan, baru ada 8 perangkat yang bekerja sama. Sekarang ada sekitar ratusan perangkat mobile maupun smarthome yang siap bekerja sama dengan IFTTT.

 

Gigya

Masalah:

“Big Data” adalah data yang sangat berguna untuk perusahaan. Data apa saja? Data pelanggan yang dapat diolah untuk mengetahui sampai secara detail apa keinginan pelanggan. Statistik pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan pelanggan.

Solusi:

Gigya adalah perusahaan analis data yang berasal dari Israel. Gigya berhasil mengolah “Big Data” menjadi kesimpulan yang dapat mengetahui masalah pelanggan. Siapa saja klien dari Gigya? Walmart, Adidas,Pepsi dan masih banyak lagi. Gigya diyakini mempunyai nilai perusahaan sampai 1 miliar dolar.

 

When I Work

Masalah:

Di kantor-kantor, biasanya pengaturan jadwal masih berupa Microsoft Excel, kemudian diteruskan kepada para karyawan. Bahkan masih ada yang menggunakan kertas kecil dan menucliskan jadwal disana. Tentu tidak efektif serta Anda akan mudah lupa.

Solusi:

Di When I Work, Anda bisa mendapatkan jadwal secara lengkap. Anda tidak perlu lagi menggunakan Microsoft Excel  dan membaginya satu persatu dengan para karyawan Anda. Anda bisa membuat penjadwalan secara rinci, dan bahkan ada notifikasi di email, sms, sampai sosial media. Selain itu, karyawan Anda bisa mengusulkan pergantian jadwal.

 

Fastly

Masalah:

Beberapa situs portal berita biasanya akan kebingungan ketika mendapatkan berita yang breaking news. Mereka akan kesulitan mengganti berita yang sebelumnya sudah muncul. Karena itu, banyak pembaca yang bingung dengan artikel terbaru dan sebelumnya.

Solusi:

Fastly akan mengijinkan Anda untuk menuliskan berita terbaru dan menghapus konten berita yang lama. Siapa saja yang sudah bekerja sama dengan Fastly? Ada Twitter, Pinterest, Shazam dan The Guardian. Terakhir Fastly mendapatkan pendanaan investasi sebesar 50 juta dolar.

 

Zimperium

Masalah:

Sekarang perangkat mobile sangat rentan oleh hacker atau penyusup. Apalagi ketika Anda sedang terkoneksi dengan jaringan yang tidak dikenal. Dan masih sedikit ada yang menyediakan fitur untuk menghalangi para penyusup ini.

Solusi:

Zimperium membuat solusi yang sangat menarik, dia membuat aplikasi yang bisa memblok koneksi yang berbahaya pada saat Anda terhubung dengan jaringan yang tidak dikenal.

 

ZenPayroll

Masalah:

Perusahaan kecil biasanya sangat bermasalah dengan penggajian dan pengaturan keuangan. Entah itu karena mereka tidak berpengalaman atau tidak mempu menghire bagian keuangan.

Solusi:

ZenPayroll akan mengijinkan Anda membuat sistem keuangan bisnis kecil Anda sendiri. Anda akan dapat membuat sistem penggajian, keuangan, pembayaran pajak sampai bonus-bonus karyawan. Tentu ini adalah website yang sangat disukai para pebisnis kecil.

 

FirstJob

Masalah:

Anda tahu kan, ketika sedang melamar pekerjaan pasti ribuan yang mendaftar. Tetapi jika dilihat sekilas, para pelamar pekerjaan itu terlihat sama. Dengan foto yang tentu tidak atraktif sama sekali.

Solusi:

Sekarang hadir FirstJob, membuat para pelamar pekerjaan dapat dengan bebas mengedit resume dan foto untuk melamar pekerjaan. Tentu ini membuat para pemilik perusahaan yang ingin merekrut karyawan semakin mudah. Sekarang FirstJob sudah mempunyai pengguna sebanyak 1,3 juta.

benioff

Itu adalah contoh sedikit tentang 8 startup yang mengambil masalah dari hal yang kecil dan menjadikan solosi bagi masyarakat banyak. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Robert]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Howard Schultz, Dari Karyawan Jadi CEO Starbucks

Lezatnya Kue Mochi Malang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Muda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
8 Startup yang Akan Menjadi Solusi Penyelesaian Masalah
Author
Description
Menyelesaikan masalah yang tampaknya kecil ternyata bisa membuat startup Anda menjadi besar dan berharga!