Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

7 Tips Meningkatkan Interaksi di Fanspage Facebook Anda


Akibat update terbaru algoritma Facebook, maka angka interaksi terhadap posting status kini terus merosot.

Berkat update terbaru algoritma pencarian Facebook, maka marketer kini harus bersusah payah untuk mencapai angka interaksi yang memuaskan pada halaman Facebook bisnis mereka. Pasalnya, temuan terbaru Oglivy & Mather menyebutkan bahwa angka interaksi ini terus merosot hingga menyentuh angka 6 persen dibanding bulan Oktober lalu yang sempat menyentuh angka 12 persen. Artinya, dari sekian banyak fans anda, hanya ada 6 persen yang akan melihat post anda. Menyakitkan bukan? Apa yang harus Anda lakukan? Nah Sobat StudentPreneur, berikut adalah statistik yang mungkin bisa membantu Anda untuk menyelamatkan nilai interaksi halaman Facebook bisnis Anda.

 

1. Foto mendapat 39% lebih banyak interaksi.

Foto memiliki kemungkinan 39% lebih besar untuk menarik interaksi. Post berisi foto mendapat 53% lebih banyak like, 104% lebih banyak komentar, dan 84% lebih banyak CTR (click trough rate) dibanding post berisi teks. Maka, lampirkan foto di setiap post anda.

halaman-bisnis-fb

2. Post yang lebih pendek mendapat 23% lebih banyak interaksi.

Status yang berisi lebih sedikit dari 250 karakter dapat menarik 60% lebih banyak engagement. Dan memotongnya hingga 80 karakter akan menarik 66% lebih banyak engagement. Maka, mulai sekarang jadikan setiap status Anda lebih singkat, padat dan jelas.

 

3. Emoticon meningkatkan 33% lebih banyak komentar.

Update status dengan imbuhan emoticon mampu menarik 33% lebih banyak komentar, 33% lebih sering mendapat share, dan 57% lebih banyak like dibanding status tanpa emoticon.

 

4. Hari Kamis dan Jumat memiliki engagement rate 18% lebih tinggi.

Engagement rate jadi 18% lebih tinggi ketika sebuah status di-update pada hari Kamis dan Jumat dibanding hari-hari lain dalam seminggu.

 

5. Pertanyaan mampu menarik lebih banyak komentar.

Status dalam bentuk pertanyaan mampu mendatangkan 100% komentar lebih banyak dibanding status standar berupa pernyataan. Dan pertanyaan dengan jawaban cepat (ya/tidak) mampu menarik lebih banyak lagi jumlah komentar.

 

6. 35% fans senang berpartisipasi dalam sebuah kontes.

Bahkan menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kontes saja, seperti contest, win, promotion, enter dan submit, sudah mampu menarik lebih banyak interaksi. Jadi, sekali dua kali, tidak ada salahnya anda menyelenggarakan sebuah kontes untuk menghidupkan Fanspage Facebook Anda.

 

7. 42% fans menyukai sebuah halaman demi mendapatkan kupon dan diskon.

Era materialistik mendatangkan berkah bagi marketer. Kampanye berbasis kupon menerima engagement rate tertinggi. 42% fans menyukai halaman anda demi mendapatkan kupon diskon.

Bagaimana menurut Anda? Khusus bagi Anda yang tengah mengelola Fanspage, bagaimana keadaan Fanspage Anda saat ini?

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Sean]

 

Baca Juga:

Tren Social Media yang Harus Diketahui Pebisnis

Studentpreneur Hangout Malang Pertama, Ayo Bertemu Pebisnis Muda Malang!

NXTCon – Berkumpulnya Pebisnis Teknologi Dunia di Jakarta Mei Ini

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+ 




  • http://allteknologi.com irfindsyah4

    bener setuju , jaman sekarang banyak fanspage isinya nomor 6 & 7 saja…

    regards by kliklaptop.com