Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

6 Tips Agar Betah Bekerja di Rumah


Inilah caranya agar Anda tetap bisa bekerja dengan nyaman dan juga produktif di rumah.

Salah satu alasan menjadi seorang entrepreneur adalah agar bisa bekerja dirumah. Lebih dekat dengan keluarga, tidak perlu jauh-jauh ke kantor dan bisa leluasa. Sekarang, banyak sekali entrepreneur yang mulai mencoba bekerja dari rumah, dan bekerja dari rumah bukan berarti mereka malas-malasan. Tetapi mereka juga bekerja layaknya pebisnis lain. Bekerja dari rumah pun menjadi trend, karena dibantu teknologi yang sangat mendukung.

Tetapi jangan salah, bekerja dari rumah tentu tidak semudah yang dibayangkan. Anda tentu juga harus lebih fleksibel dan lebih optimal dibandingkan bekerja atau tempat bisnis Anda. Nah maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips agar Anda nyaman bekerja dirumah dan tentu tidak menganggu pekerjaan Anda.

 

Tentukan dan patuhi jam kerja Anda

Bukan berarti jika Anda bekerja dari rumah Anda mempunyai jam kerja yang bebas. Ini yang harus diklarifikasi, bahwa bekerja di rumah juga mempunyai jam kerja. Biasanya, karena tidak menentukan jam kerja ketika bekerja di rumah, beberapa entrepreneur mengalami kesulitan dalam mengelola pelanggan atau karyawan Anda. Misalnya ada pelanggan yang menghubungi pada saat jam kantor Anda sudah selesai, atau karyawan Anda “mengganggu” pada saat Anda istirahat dirumah.

Jadi, Anda harus mengatur jam kerja Anda secara konsisten. Misalnya jam kerja Anda mengikut jam kerja kantor, yaitu jam 8 sampai jam 4. Berarti selain jam itu, Anda harus berani untuk men”silentgadget Anda atau tidak melihat email pekerjaan. Kenapa? Karena Anda juga mempunyai waktu tersendiri untuk keluarga Anda bukan. Ketika Anda mempunyai jam kerja yang teratur, Anda juga dapat optimal jika bekerja dari rumah.

 

Rencanakan dan jadwalkan pekerjaan Anda setiap hari

Ini juga penting, Anda harus punya jadwal pekerjaan Anda setiap harinya. Seperti yang pernah dijelaskan dalam artikel di Studentreneur, perencanaan dan penjadwalan akan sangat membantu pekerjaan Anda. Entah itu permulaan bisnis maupun bisnis Anda sudah berjalan. Selain itu, keuntungan jika Anda menjadwalkan pekerjaan Anda adalah Anda dapat lebih produktif daripada sebelumnya.

Nah, untuk bekerja dirumah, Anda juga harus menjadwalkan apa yang ingin Anda kerjakan. Misalnya, Anda mengecek email pukul 9 pagi atau sebelum itu, setelah itu Anda dapat mengerjakan tugas di email tersebut. Lalu siang hari Anda mengecek laporan yang diberikan oleh karyawan Anda ditempat bisnis. Begitu seterusnya. Kalau perlu, Anda dapat membuat list atau daftar pekerjaan Anda setiap harinya.

 

Jangan bedakan dengan kebiasaan dirumah Anda sebelumnya

Ketika Anda mulai memutuskan untuk bekerja dirumah, akan dapat dipastikan pertama kali Anda akan mulai malas-malasan. Biasanya Anda harus sarapan dan mandi sebelum pergi bekerja, sekarang Anda tidak perlu melakukan hal tersebut. Tetapi, jangan sampai dengan bekerja di rumah, kebiasaan Anda tersebut berubah. Percayalah, mandi dan sarapan di pagi hari adalah kebiasaan yang baik. Jangan lupa untuk berpakaian yang rapi, dan tentu jangan memakai baju tidur untuk bekerja di rumah. Karena dengan berpakaian yang baik, akan sedikit menaikkan produktifitas Anda.

 

Desain tempat kerja Anda senyaman mungkin

Ini masih menyangkut masalah produktifitas, setelah Anda melakukan kebiasaan Anda dipagi hari, Anda tentu harus mempunyai meja kerja yang baik. Jangan sampai Anda bekerja di ruang tamu atau ruang keluarga. Usahakan Anda mempunyai ruangan tersendiri untuk bekerja. Kenapa? Karena kondisi meja kerja sangat mempengaruhi produktifitas. Jika Anda adalah tipe orang yang bekerja mendengarkan lagu atau bekerja di kesepian, Anda bisa mensetting meja Anda sedemikian rupa agar Anda nyaman.

 

Istirahatlah

Ini juga penting, bekerja dirumah bukan berarti Anda tidak bisa keluar kemana-mana. Tetapi sebaliknya, bekerja dirumah malah harusnya membuat Anda lebih produktif. Misalnya keluar untuk bertemu dengan calon pelanggan atau partner Anda menjadi lebih mudah. Jadi, misalnya Anda ingin istirahat makan siang, Anda bisa keluar dengan partner Anda. Jika Anda adalah tipe orang yang suka olahraga, bekerja dirumah merupakan sesuatu keuntungan. Anda bisa menjadwalkan olahraga setiap sore atau di pagi hari. Jadwalkan istirahat senyaman mungkin.

kerja-dari-rumah

Selalu hindari gangguan

Sebenarnya, jika diprosentase, bekerja di rumah gangguannya tentu lebih banyak dari pada bekerja di kantor atau di tempat bisnis Anda. Pertama, kita tahu di rumah ada keluarga atau teman-teman Anda, yang kapan saja menganggu Anda. Dan tentu pula Anda bisa gampang terganggu. Yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa menghindari semua itu dengan cara fokus. Fokus Anda tinggi ketika didukung suasana kerja yang baik seperti disebutkan diatas.

Gangguan kerja biasanya tidak hanya datang dari faktor eksternal, faktor internal pun demikian. Contoh, gangguan online. Jalan satu-satunya adalah kurangi melihat email dan bersosial media. Karena biasanya, sosial media dapat mengurangi produktifitas Anda.

 

Sekarang Anda sudah mengetahui kan bagaimana 6 tips agar Anda nyaman bekerja di rumah. Tetapi pertimbangkan dahulu, apakah Anda sudah benar-benar siap bekerja di rumah daripada di kantor atau tempat bisnis Anda. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Fabio]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Menjadi Entrepreneur Muda yang Sukses

Cara Mendapatkan Feedback Untuk Bisnis Anda

Wakaliwood: Dari Uganda Ajarkan Kita Untuk Berani Bermimpi

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
6 Tips Agar Betah Bekerja di Rumah
Author
Description
Inilah caranya agar Anda tetap bisa bekerja dengan nyaman dan juga produktif di rumah.