Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

6 Fakta Menyakitkan yang Harus Kamu Ketahui di Usia 20an


Usia 20an adalah masa dimana seseorang merasa sedang galau-galaunya. Di usia ini, kamu dipandang sebagai seseorang yang telah dewasa, namun kamu masih belum paham benar tanggung jawab seseorang yang telah dewasa. Mungkin saat ini kamu ingin berinvestasi demi masa depan, namun bingung untuk memulainya. Atau mungkin, kamu sudah menemukan apa yang kamu suka, tapi belum pasti apakah hal ini akan kamu lakukan hingga masa tua nanti.

Hal-hal tersebut pasti membingungkan buat kamu. Bagaimana juga, kamu juga perlu tahu bahwa ada hal-hal menyakitkan yang akan kamu pelajari di usia 20an ini. Harapannya, agar kamu bisa bersiap menghadapi kenyataan yang ada. Berikut ini adalah beberapa fakta menyakitkan dimana semua orang berusia 20an wajib tahu Sobat Studentpreneur.

 

Tidak ada yang peduli dengan kamu

Tidak ada yang akan peduli bila kamu tidak punya waktu cukup, toilet kamu kebanjiran, tidak enak badan, atau bahkan mengalami hal-hal yang sulit. Beberapa orang mungkin peduli, tapi hanya secuil. Mereka hanya ingin memastikan bahwa kamu masih dalam kondisi yang baik. Meski begitu, secara umum, nggak ada yang peduli dengan kondisi kamu. Mereka semua punya kehidupan sendiri. Dan hanya kamu yang bisa menyelesaikan masalah kamu sendiri. We’re born as a lonely wolf.

 

Bila kamu on time, kamu terlambat

Memang benar terlambat adalah hal yang tidak baik, apalagi di usia kamu ini. Namun, bila datang on time, di detik-detik akhir tenggat waktu, hal ini sama saja. Bila kamu datang tepat waktu, maka kamu tidak dapat bersiap-siap melakukan sesuatu. Ada baiknya bila kamu datang lebih awal agar dapat siap melakukan tugas kamu.

 

Kamu tidak punya apapun untuk bisa dibanggakan

Bila kamu merasa di usia 20an ini kamu memiliki sesuatu yang dibanggakan, kamu salah. Mencoba untuk membuktikan diri sendiri hanya akan menunjukkan bahwa kamu tidak tahu. Akan lebih baik apabila menerima ketidaktahuan kamu dan membuka diri untuk memperkaya diri dengan ilmu yang ada di luaran sana. Pasti selalu ada orang di sekitar kamu yang mau membantu kamu mempelajari hal baru.

 

Membaca sangatlah penting

reading-925589_960_720

Sangat banyak orang yang berhenti membaca buku ketika mereka lulus dari kuliah. Blog, majalah, podcast, atau dokumentari memang cara yang tepat untuk belajar. Namun, mereka tidak akan dapat menggantikan seni dalam membaca. Maka dari itu, pilihlah sebuah buku dan bacalah.

 

Kamu adalah bayangan dari lima orang yang menghabiskan waktu bersamamu

Bila kamu ingin berkembang cepat di usia 20an, salah satu tujuan utama dalam hidup kamu haruslah berkumpul dengan orang-orang yang menginspirasi kamu. Mereka akan membantu kamu untuk tumbuh dengan cara-cara yang mungkin tidak bisa kamu lakukan.

 

Kamu adalah  penentu masa depan

Usia 20an adalah usia yang harus dinikmati, namun ketahuilah bahwa masa ini adalah masa dimana kamu menginvestasi masa depan kamu. Daripada kamu merusak tubuh kamu dengan berpesta tiap akhir minggu, pergilah ke gym untuk berolahraga. Belajarlah sesuatu yang baru daripada hanya duduk dan menonton film. Belajarlah tentang sesuatu yang kamu sukai sebelum tidur daripada stalking Instagram. Intinya, jagalah diri kamu dan biasakan apa yang penting untuk diri kamu.

 

Menciptakan kebiasaan baru adalah hal yang penting dilakukan di usia 20an. Jangan biarkan masa muda ini hanya kamu buang percuma. Bangun jati diri kamu sebaik mungkin agar masa muda kamu tidak habis dengan hal-hal yang tidak berguna untuk masa depan kamu Sobat Studentpreneur.

Dan ingatlah, belajar tidak mengenal waktu. Terus perkaya diri dengan ilmu yang bermanfaat akan membawa kamu menjadi orang yang lebih bijaksana. Terlibat dalam bisnis sosial juga akan memberimu pengalaman usia 20-an yang berbeda.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Lean Startup, Apa yang Perlu Kamu Tahu Tentang metode Ini

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Performance-Based Digital Marketing Oleh Italo Gani

Ricza Try Wicaksono

Ricza merupakan pengamat startup dan saat ini bekerja di startup Jepang, Wondershake.

Facebook Twitter