Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

5 Ide Usaha Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa dan Karyawan


Berbisnis itu bisa dimulai tanpa harus menunggu kamu lulus kuliah atau tidak lagi bekerja sebagai karyawan. Ini 5 ide usaha yang bisa kamu coba!

Memiliki pekerjaan tetap menjadi kebutuhan bagi hampir seluruh masyarakat agar bisa membiaya hidup mereka yang sudah serba mahal. Tidak menutup kemungkinan juga untuk para mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Meskipun masih dibiayai orang tua dan belum berkeluarga bagi para karyawan, mempunyai penghasilan tambahan tentu menjadi impian bagi mereka. Apakah kamu salah satunya?

Memiliki usaha sampingan bagi karyawan dan juga mahasiswa merupakan suatu hal yang lumrah dan tentunya tidak ada yang melarang. Namun, terkadang karena termasuk karyawan baru dan terutama mahasiswa, banyak dari mereka yang belum mau memulai usahanya karena terbentur dengan alasan modal. Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya ada banyak pilihan ide usaha modal kecil yang bisa kalian pilih Sobat Studentpreneur?

 

Berjualan Online

Beruntungnya, kini kita hidup di zaman yang serba digital dan modern. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas kalau bisnis online merupakan salah satu tren ide bisnis tahun 2017 yang pastinya termasuk ke dalam bisnis modal kecil dan menguntungkan. Ide bisnis satu ini merupakan pilihan ide bisnis yang bisa kalian pilih, baik sebagai karyawan dan juga mahasiswa. Bisnis ini menjadi pilihan pertama karena memang proses menjalankan bisnis ini sangat fleksibel dan mudah dilakukan selama kamu terkoneksi dengan internet.

Model bisnis ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga yang sibuk. Mekipun terlihat mudah dijalankan, kamu jangan salah, kalau sudah banyak orang yang kini beralih ke dunia bisnis online karena menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit. Kamu juga tidak perlu menjual produk sendiri, karena melalui bisnis online, kamu bisa menjual produk orang lain. Dengan artian, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak hanya cukup dengan biaya kuota internet saja.

Dalam berbisnis online ada beberapa macam yang bisa kamu pilih, misalnya:

  • Berjualan Produk di Pasar Online

Cara berbisnis produk di pasar online ini merupakan bisnis online yang paling mudah, karena siapa saja bisa melakukannya, termasuk kamu yang masih pemula.  Maksud dari pasar online di sini adalah marketplace atau hanya dengan hitungan jam ke depan, kamu sudah bisa berjualan di pasar online ini. Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah apakah kamu sudah tahu produk apa yang ingin dijual. Mengingat, pada dasarnya marketplace ini sudah ramai dengan penjual lain tetapi memudahkan kamu untuk langsung mendapatkan pembeli.

Tidak hanya itu, berbisnis di dalam marketplace in pun tidak dipungut biaya sama sekali. Contoh marketplace besar yang kini sudah bisa kamu manfaatkan, seperti tokopedia, bukalapak, Kaskus FJB, OLX, dan eBay (internasional). Kamu juga tidak perlu khawatir untuk kebingungan bagaimana cara berjualan di marketplace tersebut, karena mereka pun sudah menyediakan panduan khusus untuk para penjual, khususnya untuk pemula seperti kamu.

 

  • Menjual Produk secara Online di Website Sendiri

Khusus bagi kamu yang merasa kurang cocok dengan bisnis online melalui marketplace dan memiliki keahlian dalam membuat website, kamu bisa menjual produk tersebut secara online melalui website. Perhatikan dahulu apa saja kelemahan yang ada di marketplace yang akan kamu pilih. Jika memang ada, kamu harus berani menjadikan website sendiri sebagai solusimu.

Membuat blog atau website untuk berjualan online bisa kamu coba dengan menggunakan platform yang gratis terlebih dahulu seperti blogger dan juga WordPress. Namun, ada hal utama yang perlu kalian perhatikan sebelum berjualan melalui website sendiri, karena membuat website online shop membutuhkan biaya atau tidak gratis. Dalam membuat website sendiri, kamu harus membayar domain dan hosting dengan kisaran harga 500 ribu untuk paket pemula.

Setelah memiliki website sendiri, langkah selanjutnya adalah menentukan produk apa yang ingin kamu jual, menemukan supplier utama dari produkmu, ajak atau mencari orang yang sudah memiliki toko offline, dan melakukan dropship.

 

  • Berjualan dengan Menjadi dropshipper

Menjadi seorang dropshipper juga bisa dijadikan sebagai ide usaha modal kecil yang mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menunggu pesanan dari para pelanggan dan mengajukan ke suplier, lalu mereka juga yang akan mengirim barang pesanan tersebut ke pemesan. Supplier  bisa saja menggunakan nama kamu sebagai pengirimnya atau bisa juga langsung menggunakan nama supplier.

Biasanya hal semacam itu sudah dibicarakan di awal perjanjian antara dropshipper dengan supplier.  Jika disederhanakan, kamu tidak perlu pusing dan bingung mengenai ketersediaan barang, pengiriman, tempat penyimpanan, dan juga biaya administrasi barang tersebut. Karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab supplier. Meskipun kamu hanya bertanggung jawab kepada pelanggan, bukan berarti kamu bisa santai begitu saja. Kamu juga perlu mengatur strategi untuk mendapatkan pelanggan dan bisnis kamu tetap berjalan.

Namun, dalam berbisnis dengan menjadi dropshipper kamu juga harus mengetahui keuntungan dan kelemahannya terlebih dahulu, seperti keuntungannya kamu tidak membutuhkan banyak modal saat memulai, tidak perlu stok barang, dan sudah pasti bisa dilakukan di mana saja. Namun kelemahannya, keuntungan yang kamu dapatkan mungkin akan lebih sedikit, kamu juga tidak bisa memonitor stok milik supplier, dan bahkan kualitas dari produk tersebut tidak bisa kamu kontrol.

 

Bisnis Kursus Private

Photo credit: media.defense.gov

Bisnis kursus private merupakan pilihan ide usaha modal kecil yang bisa dilakukan oleh para pegawai dan juga mahasiswa. Selain tidak memerlukan modal yang banyak, bisnis ini bisa membantu kamu untuk tetap mengasah ilmu dan juga keterampilan khusus yang kamu miliki.

Sebagai contoh, kamu termasuk seseorang yang jago matematika atau Bahasa Inggris, maka mulailah membuka kursus private untuk kedua bidang mata pelajaran tersebut. Tidak perlu ragu, karena memang dua mata pelajaran tersebut paling banyak dicari oleh orang tua murid. Bisnis ini akan menjadi lading emas bagi kamu yang memiliki kriteria tersebut sehingga menjadi satu model bisnis yang sebaiknya kamu coba.

Tidak hanya bisa mengajarkan kedua mata pelajaran tersebut, jika kamu memiliki kemampuan dalam bermain musik, kamu juga bisa membuka jasa les private untuk bermain musik. Biasanya alat musik yang paling diminati oleh anak-anak dan orang tua adalah les private gitar dan juga piano.

Dalam menentukan biaya les private, pastikan kamu sudah melihat kondisi perekonomian di sekitar tempatmu. Jika memang tidak termasuk ke dalam lingkungan menengah ke atas, kamu bisa menetapkan harga kursus setengah dari harga-harga kursus di kota besar. Jangan lupa untuk menyediakan tempat atau ruangan khusus untuk kamu mengajar dan siapkan peralatan lain seperti meja, papan tulis, spidol, penghapus, serta air mineral.

 

Bisnis Jasa Foto dan Video

Photo credit: Stock Snap (pexels.com)

Bisnis jasa foto dan video ini juga merupakan salah satu bisnis modal kecil yang patut kamu coba, meskipun kamu disibukkan oleh kewajiban sebagai pegawai atau mahasiswa. Bisnis ini memang biasanya ditekuni oleh para mahasiswa jurusan fotografi, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk kamu yang juga memiliki hobi fotografi.

Selain bisa mengaplikasikan ilmu tentang fotografi, untuk kamu yang memiliki hobi ini pun bisa membantu kamu bahagia karena memiliki kesempatan untuk menyalurkan hobi, bahkan dibayar. Masalah pemilihan waktunya pun bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kerja dan kuliah kamu. Jadi kamu tidak perlu khawatir kegiatan ini akan menggangu pekerjaan dan juga kewajiban kamu di luar kegiatan fotografi.

Kamu juga bisa menjual hasil foto kamu ke situs penjualan foto terpopuler di dunia seperti istockphoto.com dan ShutterStock.com. Kamu akan mendapatkan sekitar 15% komisi untuk setiap foto yang kamu jual ke Istockphoto.com dan sebesar 20%-30%  ke ShutterStock.com. Kamu juga bisa mengirimnya ke situs lain seperti Fotolia.com dan juga Stockfresh.com jika kamu mau. Jangan lupa untuk menyiapkan pula akun PayPal karena pembayaran komisi biasanya dilakukan melalui platform tersebut.

 

Membuat Blog

Nah, kalau ide usaha modal kecil satu ini khusus untuk kamu yang gemar menulis. Tanpa disadari, sebenarnya selama lima tahun terakhir ini ngeblog sedang ngetren. Oleh karena itulah, pilihan ini bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang jajan tambahan, baik bagi pegawai dan juga mahasiswa. Khusus untuk mahasiswa, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai wadah kamu untuk melatih kemampuan menulis kamu sebelum menulis skripsi.

Hal utama yang perlu kamu perhatikan agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari peluang bisnis satu ini adalah dengan membuat postingan blog yang berkualitas. Kamu bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai dengan kegiatan kamu sekarang, mulailah dari hal-hal sederhana yang berkaitan dengan hidup kamu. Jika kamu bekerja dan berkuliah di bidang listrik, kamu bisa membuat beberapa karya tulisan mengenai listrik. Hal ini dilakukan untuk melatih apa saja yang akan ditulis nantinya.

Berita menarik lainnya, kamu tidak memerlukan banyak modal. Jika dihitung-hitung setidaknya kamu akan menghabiskan modal paling banyak Rp 1 juta/tahun. Jumlah tersebut digunakan untuk membiayai pembelian domain dan hosting di penyedia hosting lokal, serta pembiayaan dalam membuat postingan tersebut. Kalau pun kamu belum memiliki modal, kamu bisa mengawali karir blogger kamu dengan menggunakan platform blog gratis, seperti Blogspot.com.

 

Menjual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa merupakan ide usaha modal kecil selanjutnya yang bisa kamu pilih. Meskipun sudah bisa dilakukan secara online oleh setiap individu, terkadang masih ada saja orang yang membeli pulsa secara manual atau dengan mendatangi tukang pulsa. Tidak hanya itu, bahkan kabarnya seorang pebisnis pulsa di Jakarta sudah ada yang memiliki omzet hingga milliaran rupiah setahun.

Jika kamu ingin mencoba bisnis satu ini, kamu bisa mengawalinya dengan menjual pulsa elektrik. Selain tidak perlu tempat, pulsa elektrik ini bisa kamu aktifkan melalui smartphone kamu sendiri, sehingga cara menjalankannya pun sangat mudah. Agar bisa memulai bisnis ini, kamu tidak perlu menyediakan modal banyak, yakni berkisar antara Rp 1 juta – Rp 3 juta rupiah. Kamu bisa menawarkan pulsa tersebut ke orang-orang sekitarmu, teman kerja, kuliah, orang tua, kerabat, dan tetangga.

Demikianlah ide usaha modal kecil yang bisa kamu pertimbangkan. Kini kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mencari ide ataupun menentukan peluang usaha yang menguntungkan dan tidak memiliki modal yang banyak. Hilangkan rasa takut gagalmu dan coba bangun bisnis kamu sendiri Sobat Studentpreneur.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Indonesian Independence in a Digital Economy

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Kematian Desain Grafis

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook 




  • Annisa Nada S

    Terima kasih atas informasi yang menginpirasi. Silahkan kunjungi website kami https://kelompokmbg.blogspot.com/?m=1 jika ingin mengetahui Cara Mudah Berbisnis Bagi Mahasiswa