Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Motivasi

5 CEO Level Dunia yang Berhasil Bangkit dari Kegagalan


Tidak ada kesuksesan yang diraih secara instan, kelima CEO dunia inipun pernah mengalami kegagalan dan bangkrut.

Seperti yang Anda tahu, membuat bisnis itu tidak semudah seperti membalik telapak tangan. Jika perlu, Anda akan membutuhkan waktu sampai 10 ribu jam untuk mencapai kesuksesan. Banyak CEO sekarang yang dulunya sangat bersusah payah dalam membangun perusahaannya. Berikut adalah beberapa CEO yang sangat sukses dalam membangun perusahaan, tetapi dulunya juga pernah gagal bahkan bangkrut.

 

Arianna Huffington

Siapa yang tidak mengenal Arianna Huffington, pemilik dari website The Huffington Post. Arianna Huffington terkenal pada tahun 90an karena sering muncul di televisi sebagai nara sumber. Pada tahun 2009, nama Arianna masuk kedalam list most influential women in media. Puncaknya adalah pada tahun 2011, AOL membeli The Huffington Post seharga 305 juta dolar.

Tetapi siapa sangka, Arianna yang mempunyai kemampuan menulis yang sangat bagus ini dulunya sering ditolak oleh beberapa penerbit maupun perusahaan. Arianna pernah menulis sebuah buku dan menawarkannya ke banyak penerbit untuk menerbitkan bukunya. Bahkan, dia bercerita bahwa total dirinya pernah ditolak sekitar 36 penerbit. Namun, kerja kerasnya tersebut terbayar setelah salah satu penerbit mau menerbitkan bukunya yang kemudian menjadi bestseller.

bill-gates-ilustrasi

Bill Gates

Siapa yang tidak mengenal Bill Gates yang merupakan orang terkaya di dunia. Walaupun sekarang menjadi orang terkaya di dunia, ternyata dulu Bill Gates pernah gagal. Bahkan, bisa dikatakan jika Bill Gates pernah mengalami gagal total alias bangkrut. Ketika itu, Bill Gates mencoba membuat perusahaan pertamanya, yaitu Traf-O-Data.

Traf-O-Data merupakan perusahaan untuk menganalisis dan mengolah data. Tetapi sayang, perusahaan tersebut bangkrut. Karena Bill Gates hanya menjual ide bukan produk. Namun, kegagalan yang dialaminya tersebut tersebut tidak mengecilkan hati seorang Bill Gates. Beberapa tahun kemudian, Bill Gates membuat Microsft dan menjadi perusahaan terbesar di dunia.

 

George Steinbrenner

Untuk yang tidak mengetahui siapa itu George Steinbrenner, dia adalah pemilik dari tim baseball New York Yankees. Dia berhasil membawa Yankees menjadi juara 6 kali world series, dan menjadi rekor kemenangan beruntun sampai sekarang. Tetapi sebelum membeli Yankees, George ternyata punya track record yang buruk. Dia pernah membeli tim basket kecil Cleveland Pipers pada tahun 1960, tetapi hanya bertahan 2 tahun tim tersebut bubar karena masalah finansial. Kemudian George membeli Yankees yang akhirnya membawa segudang prestasi.

 

Walt Disney

Anda pasti kenal dengan nama Walt Disney. Walt memang meninggal pada tahun 1961. Tetapi Walt meninggalkan perusahaan yang sangat besar. Dan siapa sangka, Walt juga pernah dipecat oleh salah satu media cetak karena dianggap kurang kreatif. Karena dipecat itulah, Walt kemudian berniat membentuk perusahaan animasi sendiri. Dengan modal hanya 15 ribu dolar, Walt membuat perusahaan animasi Laugh-O-Gram, tetapi tidak lama perusahaan itu tutup karena kurang pendanaan. Kemudian, Walt mencoba peruntungan di Hollywood, dan siapa sangka dia berhasil membuat film-film animasi berkualitas yang mampu melambungkan namanya sampai sekarang.

 

Steve Jobs

Siapa yang tidak tahu nama Steve Jobs, dia adalah pendiri perusahaan terkenal Apple bersama partnernya Steve Wozniak. Steve Jobs mendirikan Apple di usia yang masih sangat muda yaitu umur 20 tahun. Ketika itu Steve berhasil menjual komputer pertamanya bernama Apple I. Tetapi siapa sangka, diumur 30 justru Steve Jobs dipecat oleh perusahaan yang dia bikin sendiri. Ketika dia keluar, Jobs membuat perusahaan komputer NeXT, yang kemudian dibeli oleh Apple ketika Steve Jobs kembali.

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan bagaimana kisah para CEO terkenal di dunia yang dulunya juga pernah gagal. Sekarang tinggal kita apakah mau berusaha lebih keras dan akan berhasil atau justru terus meratapi kegagalan yang membuat Anda jauh dari kesuksesan. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Donkey]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jual Lele Bisa Beli Harley Davidson Ratusan Juta

Rela Dibayar Sampah, Dokter Muda Ini Raih Kesuksesan Besar

Masih Kuliah, Anak Muda Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
5 CEO Level Dunia yang Berhasil Bangkit dari Kegagalan
Author
Description
Tidak ada kesuksesan yang diraih secara instan, kelima CEO dunia inipun pernah mengalami kegagalan dan bangkrut.