Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

From the archives: 4 Update Google yang Berpengaruh Besar pada Konten Anda


Previously published on Juni 6, 2014
Ahli SEO dan webmaster sseringkali kelimpungan ketika ada perubahan algoritma baru yang dilakukan Google. Memang, pada tahun 2013 saja, raksasa mesin pencari ini sudah melakukan tweak algoritma mereka sebanyak 15 kali. Tahun 2012 lebih parah: 37 kali. Akan tetapi, Anda, pencipta konten tidak perlu khawatir. Setiap perubahan besar Google ditujukan untuk mengarahkan pencarian yang lebih nyaman, dan justru mungkin, menguntungkan Anda. Apa saja contohnya?

 

Perpindahan ke Arah Organic Searches

Berarti Anda tidak dapat lagi menambang keyword lewat Google Analytics. Anda ingat tentang bagian “Not Provided” muncul pertama kali? Persentase data pencarian ini membanjiri hasil pencarian Google sejak 2010 dan terus bertumbuh. Maka tanggal 23 September 2013, Google mematikan semua informasi ini. Pukulan telak bagi mereka yang pernah menggunakan taktik keyword bombing dan density rate. Namun, bagi Anda yang menciptakan konten berkualitas, kreatif, dan original, Anda tidak perlu khawatir. Maka, alih-alih berfokus pada kata kunci, kini Anda dapat memperhatikan behavior user ketika berada di website Anda.

 

Tidak Adanya Pembaruan untuk PageRank

PageRank berisi peringkat tentang berapa banyak link yang telah menunjuk kembali ke website Anda. Links bertindak sebagai vote, meningkatkan kredibilitas Anda dan menampilkan situs Anda sebagai situs dengan konten berkualitas tinggi. Masalahnya? Google belum pernah memperbarui meteran PageRank sejak awal 2013, dan tidak jelas kapan ini akan diperbaiki. Jadi, jika Anda masih berburu untuk mendapatkan link dari situs dengan PageRank yang tinggi, Anda dapat segera berhenti. Sementara mungkin meteran ini masih bernilai, gagasan utamanya adalah Google tidak ingin menekankan seputar ranking halaman. Lebih baik, Anda fokuskan diri pada bagaimana mengarahkan lebih banyak trafik, mengkonversi pengunjung, dan menjadi pemegang otoritas dalam niche Anda sendiri.

Hummingbird

The Hummingbird Conversation

Salah satu update lain pada algoritma Google adalah Hummingbird, yang dirilis pada bulan September 2013 silam. Di sini, Google ingin memahami percakapan, konsep, dan hubungan. Dalam pencarian suara, misalnya, Anda bisa bertanya, “Di mana Miley Cyrus berasal?” Setelah jawabannya disampaikan, Anda dapat menindaklanjuti dengan, “Berapa umurnya?” Hummingbird masih dalam pengembangan dan tidak selalu bekerja dengan baik. Akan tetapi, di sini kita bisa melihat bahwa Google sedang serius untuk mengarahkan pencariannya ke arah konversasional daripada berfokus pada keyword.

 

Google Karangan untuk Peringkat

Google Authorship – atau Author Rank – belum dapat dipastikan akan mempengaruhi hasil pencarian. Namun para ahli memprediksi bahwa Google akan menggunakan profil penulis Anda untuk menentukan kredibilitas dan keahlian Anda untuk menentukan kualitas (dan mungkin peringkat) dari konten Anda. Dalam buku terbarunya, “The New Era Digital”, Eric Schmidt, Ketua Eksekutif Google menulis: “Dalam hasil pencarian, informasi yang terverifikasi dengan profil online penulis akan mendapat peringkat lebih tinggi dari konten tanpa verifikasi”. Artinya, Google mungkin menggunakan profil sosial Anda untuk mengukur kualitas sebuah artikel. Jika Anda secara konsisten menerbitkan konten berkualitas yang berhubungan dengan niche Anda, Google mungkin menempatkan peringkat artikel Anda lebih tinggi. Mungkin. Belum dapat dipastikan, tapi layak untuk dicoba.

 

Algoritma Google dan Content Creators

Pada akhirnya, kunci perubahan algoritma Google terletak pada pedoman pembuatan konten mereka: “Konten adalah kuncinya. Konten yang baik jelas, singkat, informatif, akan lebih baik daripada konten yang buruk. Gunakan bahasa yang benar. Menulislah untuk orang-orang yang nyata.

 

Jadi, semuanya berujung pada satu ide: Buatlah konten yang berkualitas, dan Anda tidak perlu khawatir tentang rollercoaster pembaruan Google. Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: AnnCam]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Gadis Cantik Ini Berbisnis Sambil Melestarikan Budaya

Ini Nasehat Orang Terkaya di Abad 19

Dari Guru Bahasa Inggris Menjadi Pahlawan Ekonomi China

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+ 




  • mbah admin

    Saran bagi pemula web kayak saya ini untuk mengoptimalkan SEO bagaimana gan ???